Mohon tunggu...
Guntor febriansyah
Guntor febriansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - happy

coba aja dulu yang penting dapet minimal pernah dapet gagal nya

Selanjutnya

Tutup

Diary

Merantau adalah Jalan Ninjaku

2 Desember 2021   21:52 Diperbarui: 2 Desember 2021   22:05 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Menyesuaikan diri dengan lingkungan baru bukanlah hal yang mudah bagi semua orang,apalagi  bagi diriku yang pemalu dan kurang pede.tapi kenyataannya semua itu haruslah dihadapi dengan kesiapan dan kemauan dari diri sendiri,karena tidak mungkin saya sebagai anak baru di kota terus menerus mempunyai sikap begitu.

Ya...walaupun tidak mudah untuk merubahnya HAHAHAHA,yups....kali ini saya sedikit bercerita tentang sesuatu yang aku dapat saat merantau di kota,perubahan-perubahan yang terjadi pada diriku saat sudah tinggal dan menetap dikota.kita mulai yakkkk.

Sebenarnya setelah lulus dari Sekolah Dasar, masa depan saya sudah ditentukan untuk meneruskan sekolah menengah pertama dikota surabaya dan tinggal bersama saudara,kehidupan pun terasa sangat berbeda jauh antara di desa dan kota,mulai dari berbicara memakai bahasa persatuan,hingga keluar rumah pun dibatasi hingga jam 9 malam.

Tetapi dengan begitu kehidupanku lebih tertata dan semakin membuat sikapku lebih dewasa.walaupun di dalam jiwa ada sedikit pemberontakan dan perntanyaan kenapa harus diberlakukan aturan yang begitu ketat,bagaimana jika nanti tidak punya teman karena dibatasinya  ruang gerak,hingga kenapa semua harus tentang sekolah.semua itu menurutku adalah hal yang wajar kemudiaan aku bisa bebas saat menginjak bangku SMA karena pergaulan lebih luas dan sifat pembangkangku sedikit demi sedikit keluar HAHAHAHAH..tpi emang ruang gerakku sudah tidak dibatasi lagi. 

Menurutku karena aku sudah dewasa makanya aku bisa dibilang harus lebih mengerti keadaan karena masalah aku yang menanggung. kali ini beberapa hal yang aku dapat saat merantau,

Mempunyai banyak teman                                                                                                               

 Tidak diragukan lagi jika merantau,kita pasti akan bertemu dengan orang lain,apalagi kalau merantau untuk menempuh pendidikan,waw... itu merupakan masa untuk mencari teman dan memilih teman dengan bijak,bayangkan saja jika kita cocok dengan semua teman di satu kelas rasanya seperti tidak ingin pisah.

Tetapi diriku saat SMP tidaklah bijak dalam mencari kawan.akibatnya sering dimanfaatkan dan lain sebagainya.jadi bagi temen-temen yang mulai merantau saat masuk bangku SMP diharapkan lebih bijak untuk memilih teman karena akan berpengaruh kedepannya.terbukti bahwa aku saat ini masih mempunyai teman akrab dari SMP sampai sekarang.

Lebih hidup mandiri,bertanggung jawab dan disiplin tinggi

 Mengapa demikian? Karena keluarga yang aku ikuti hidupnya memang demikian,tidak heran jika mereka sukses hingga sekarang,pakdhe dulunya mempunyai cita-cita menjadi tentara tetapi akhirnya beliau menjadi PNS  makanya hidupnya penuh disiplin tinggi,kemudian ada bude yang sejak lulus SD sudah merantau ikut orang lain mencari pekerjaan.

Ahhh....rasanya aku berada di keluarga yang hebat dan mampu menginspirasiku.setiap hari kegiatanku selalu di perhatikan awalnya merasa risih karena memang mengira selalu salah di mata mereka tetapi dengan kepekaan aku mencoba mengerti maksud mereka yang sebenarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun