Mohon tunggu...
Digital

Inilah 10 Daftar Domain Paling di Rekomendasikan Buat Kamu

12 Mei 2019   08:11 Diperbarui: 12 Mei 2019   08:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Inilah 10 Daftar Domain Paling di Rekomendasikan Buat Kamu
dokpri


Assalamualaikum, Halo brader & sistur sudahkah alamat situs atau blog mu menggunakan domain khusus .TLD? Lah apa itu? Jika belum tentunya kamu harus tahu dulu apa itu domain khusus .TLD itu. Domain khusus .

TLD adalah top level domain yang merupakan segmen terakhir dari nama domain alias ekstensi alamat situs yang biasa kita kenal dengan dot com, dot net, dot org, dan dot dot lainnya. Domain khsus .TLD itu sangat penting sekali karena berfungsi untuk membuat alamat situs mu terlihat lebih profesional.

Untuk memilih nama domain, tentunya domain yang sudah sering dipakai banyak orang akan sulit kita temukan nama domain yang cocok untuk kita gunakan, karena domain sifatnya sama dengan username pada sosial media yang hanya satu yang bisa menggunakannya, contoh username di sosial media instagram.com/febrianammar, /febrianammar atau @febrianammar adalah username instagram saya yang tidak ada orang lain lagi yang bisa menggunakan kecuali dengan menambahkan huruf tambahan atau ditambah angka seperti febrianammar01, febrianammar02, febrianammardotcom, itupun kalau belum ada yang pakai.

Nah hal ini sama dengan domain, ketika kamu ingin menggunakan domain www.febrianammar.com, maka alamat itu sudah tidak bisa kamu gunakan karena sudah digunakan di situsweb blog ini. Namun kamu engga perlu khawatir karena berjuta-juta nama tersedia untuk kamu gunakan selama belum ada yang menyewanya.

Lah kenapa di sewa? karena domain itu tidak mengikat, ketika seseorang sudah tidak memperpanjang masa aktifnya maka seseorang lainnya bisa mengambil alihnya seperti sebuah rumah yang kita miliki tentunya suatu saat akan berpindah tuannya. 

Perlu di Ingat sekali lagi ya gaes domain itu kita menyewa nya bukan memilikinya secara penuh atau permanen, jadi jika kita tidak memperpanjang masanya siap-siap akses ke website, blog, situs mu tidak akan bisa diakses kembali oleh orang-orang, dan domain mu siap dilelang kembali kepada yang ingin menyewanya.

Sayapun teringat dengan sebuah situs yang nama alamat domainnya adalah nissan.com, ya nissan dot com yang ternyata bukan punya Nissan Motors Corporation (Nissan Corp) yang selama ini dikenal sebagai brand yang memproduksi mobil-mobil yang keren. 

Hal ini karena Nissan Corp telat atau kalah cepat untuk membeli domain tersebut. Belum lagi isi konten dari domain itu bukan menyerukan hal-hal positif mengenai Nissan melainkan seperti sebuah gerakan kampanye Anti-Nissan, dan ketika Nissan Corp melobby seseorang yang memiliki domain nissan dot com tersebut, namun pemilik domain tersebut enggan menjualnya meskipun sudah ditawar dengan harga yang cukup mahal, bahkan menuntut sang pemilik domain jika tidak menjualnya kepada mereka. Namun hal itu sia-sia karena sang pemilik domain dinyatakan sah melalui persidangan sebagai pembeli hak sewa atau penyewa sebuah domain tersebut.

Jadi gaes kalau sudah membuat sebuah situs atau blog jangan kelamaan mikir untuk membeli sebuah alamat domain ya nanti keburu diambil orang. Nah bicara soal daftar domain yang paling direkomendasikan, berikut adalah data dan fakta daftar domain yang bisa menjadi referensi untuk situsweb kamu nih gaes, langsung aja check dis out :


1. Domain .COM
(Dot Commercial atau Komersial)

dokpri
dokpri

Untuk yang pertama ini gaes, sebagai sesepuhnya domain, Domain dot COM ini biasanya digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan. Berikut data dan faktanya :

.COM adalah singkatan dari Commercial

.COM menjadi salah satu ranah internet tingkat teratas (TLD) nomer 1

.COM sebelumnya dikelola oleh sebuah lembaga penyedia domain internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

.COM salah satu domain pertama didunia

.COM diresmikan tahun 1986

.COM dipakai pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat

.COM semakin populer setelah kehadiran World Wide Web atau WWW

.COM dipelopori oleh sekelompok ilmuwan yang terdiri dari 30 sampai 40 orang

.COM pada tahun 1995 meresmikan tarif untuk domain .com yaitu sebesar 50 dollar per tahun

.COM sekarang menjadi domain yang dikelola dan dimiliki oleh VeriSign

.COM memiliki second-level domain ditiap negara salah satunya Indonesia yaitu .co.id

.COM pertama kali dibeli oleh perusahaan komputer Symbolics dengan alamat website Symbolic.com pada tgl 15 maret tahun 1985.

.COM logonya didesain berwarna biru muda untuk dot nya dan biru tua untuk com nya


2. Domain .NET
(Dot Network atau Jaringan dan Teknologi)

dokpri
dokpri

Yang kedua ini adalah domain yang biasanya di gunakan untuk kepentingan infrastruktur jaringan atau network. berikut ini data dan faktanya :


.NET adalah domain yang diambil dari 3 huruf pertama dari kata Network (Jaringan)


.NET  menjadi salah satu ranah internet tingkat teratas (TLD) nomer 2 setelah dot com

.NET adalah domain yang ditunjukan untuk organisasi yang bergerak dalam teknologi jaringan

.NET tidak dilarang penggunaannya untuk tujuan lain meski tidak berkaitan dengan teknologi

.NET masih popular dikalangan penyedia jasa teknologi atau operator jaringan

.NET sering dijadikan alternatif pertama untuk mengganti domain  dot com yang sudah terpakai


3. Domain .ORG
(Dot Organization atau Organisasi dan Komunitas)

dokpri
dokpri

Yang ketiga ini, Dulu saya ingat sekali awalnya mengira bahwa domain dot ORG ini singkatan dari "orang" namun nyatanya bukan ya gaes hehe, berikut data dan faktanya :

.ORG merupakan kependekan dari Organisasi

.ORG dibuka pada tahun 1985

.ORG awalnya ditunjukan untuk kepentingan organisasi non profit

.ORG sekarang banyak digunakan oleh sekolah, situs personal, project, juga komersial

.ORG menjadi salah satu ranah internet tingkat teratas (TLD)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x