Mohon tunggu...
Febriana LindiSantika
Febriana LindiSantika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aku seorang mahasiswa yang sangat tertarik dengan sebuah berita terkini dan kegiatan sosial yang membantu masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Kesiapan Mental Generasi Milenial Menghadapi Resesi

4 November 2022   23:00 Diperbarui: 5 November 2022   08:42 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: detikFinance

Beberapa pekan terakhir banyak berita mengenai akan terjadi resesi pada tahun 2023 yang akan menyerang beberapa negara. Beberapa negara tersebut salah satunya terdapat nama Indonesia didalamnya. Resesi ini yaitu dimana keadaan ekonomi suatu negara mengalami keterpurukan. Resesi ini pastinya akan berakibat fatal jika tidak diatasi. Akan banyak sektor terdampak dan juga bisa memakan korban. Sektor yang pastinya terpengaruh sekali ialah ekonomi.

Memang ini hanya sebuah berita yang masih belum tentu terjadi, Tetapi alangkah baiknya kita mempersiapkan sejak dini untuk terjadinya resesi. Apalagi pada tahun 2023 peran generasi milenial sangat penting. Karena pada tahun ini negara Indonesia akan dibentuk berdasarkan generasi milenial. Seperti paribahasa sedia payung sebelum hujan, lebih baik mencegah dari pada kita terkena dampak dan kita akan menyesal kemudian. Untuk menghadapi resesi ini pastinya perlu kesiapan sejak dini untuk meminimalisir akan adanya dampak jika resesi benar benar terjadi. Salah satu dari bentuk keantipasian ketika terjadi resesi ialah edukasi sejak dini mengenai resesi dari faktor penyebab, dampak terjadi dan juga cara mengatasi jika terjadi. Selain kesiapan ekonomi kita juga perlu kesiapan mental. Kesiapan mental ini begitu penting karena supaya kita saat itu terjadi kita akan siap.

Jika kita siap mental pastinya kita akan siap menghadapinya dan pastinya kita akan bisa berfikir secara tenang dan baik. Tetapi jika saat itu terjadi kita tidak dalam keadaan siap maka yang terjadi yaitu stress. Bahkan dampak yang paling parah bagi mental kita yaitu depresi. Depresi sendiri ialah gangguan mental yang salah satu penyebabnya bisa karena ketidaksiapan mental menghadapi sesuatu dan sampai mengganggu pikiran. Didunia ini depresi adalah penyebab kematian terbesar didunia. Dengan kata lain penyakit mental ini adalah pembunuh atau penyakit paling jahat karena menyerang banyak orang dunia.

Ada beberapa cara agar kita mempunyai mental yang sehat yaitu yang pertama adalah yang paling penting yaitu selalu taat dan menyertakan Tuhan dimana dan kapan saja. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sejatinya diciptakan untuk beribadah kepada Tuhan dan mematuhi perintahnya sudah sepatutnya kita semua taat dan patuh dengan perintah Tuhan. Seseorang yang memiliki iman yang kuat dan dekat dengan Tuhan pastinya akan mempunyai perasaan dan mental yang baik. Karena tidak ada apapun yang lebih baik untuk tempat mengadu dari pada Tuhan sendiri.

Kedua yaitu selalu berada dilingkungan yang sehat. Sehat disini lingkungan yang mempunyai dampak positif bagi kita. Seperti lingkungan yang tidak ada tindakan kriminal. Lingkungan sangat penting terhadap pembentukan mental seseorang. Dan lingkungan yang baik pastinya akan banyak memunculkan kegiatan dan pengaruh yang baik atau positif juga. Dengan kegiatan positif ini pastinya akan bermanfaat bagi kita atau orang lain terutamanya bagi mental kita. Mental kita akan terbentuk dari beberapa kegiatan yang bermanfaat yang diadakan didalam lingkungan baik kita.

Dan yang terakhir yaitu peran keluarga. Peran keluarga sangat penting karena keluarga yaitu lingkungan yang sering kita jumpai. Dan keluarga juga adalah pembentuk pertama mental kita. Mental atau perilaku individu bisa terlihat baik atau buruknya karena bagaimana keluarganya. Selain itu, keluarga adalah pendengar terbaik bagi semua keluh kesah kita. Karena hanya keluarga yang mengerti perasaan dan pastinya dampak apa yang terjadi bagi kita jika terkena sebuah masalah.

Beberapa cara tersebut dimaksudkan agar kita mempunyai mental yang baik agar ketika sebuah bencana seperti resesi datang kita tidak terkena tekanan mental. Dan selain itu jika kita mempunyai mental yang siap kita bisa membantu orang lain dan pastinya kita bisa memberi edukasi jika hal hal yang tidak diinginkan benar benar terjadi.

Mental yang sehat dan baik pasti akan berpengaruh pada kehidupan. Dengan mental yang baik pastinya juga akan memiliki fisik dan kesehatan yang baik juga. Disisi lain mental baik akan menjadikan kita selalu berfikiran positif atau sering kita sebut positif thinking. Dengan kita mempunyai pikiran itu pastinya kita akan mudah dan bisa bergaul baik dengan sesama. Maka dari itu sangat perlu memiliki mental yang baik pada diri kita. Dengan maksud juga jika mempunyai mental baik maka akan memberikan pengaruh baik juga pada sekitarnya.

Seseorang yang memiliki mental dan perilaku yang baik pastinya akan selalu dikenang dan diingat oleh manusia lainnya. Mungkin paribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama ini cocok untuk individu yang memili mental dan sifat yang baik. Karena dengan baiknya ini mereka akan selalu dikenang bahkan sampai tiada.

Jagalah mental sebaik mungkin. Karena mental ini akan mempengaruhi perilaku kita terhadap lingkungan sekitar. Jika perilaku baik pasti akan selalu dikenang. Dan kembali lagi jika terjadi sebuah bencana seperti resesi yang tidak bisa diprediksi datang namun kita mempunyai mental yang baik dan siap, maka kita akan tetap tenang dan terhindar dari gangguan mental yang sangat membahayakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun