Mohon tunggu...
Febiola Ardha Valentina
Febiola Ardha Valentina Mohon Tunggu... Mahasiswa - nothing

iseng doang.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

The French Press Kopi Warung: Sensasi Menyantap Hidangan Western di Pasar Tradisional

15 Juni 2021   16:43 Diperbarui: 15 Juni 2021   16:51 78 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The French Press Kopi Warung: Sensasi Menyantap Hidangan Western di Pasar Tradisional
Gambar 1.1 Spicy chicken casserole with corn salsa. Sumber: Dokumentasi pribadi.

Kuliner pasar memang identik dengan jajanan khas daerah yang murah dan lezat. Image ini cukup melekat di pikiran orang-orang begitu memikirkan makanan apa yang bisa didapat di pasar, tak terkecuali Pasar Gedhe Hardjonegoro di Surakarta. Namun, pernahkah kalian berpikir untuk menyantap masakan western di pasar tradisional?

Restoran bernama The French Press Kopiwarung ini terletak di salah satu sudut Pasar Gedhe. Restoran yang semua menunya bergenre western food ini merupakan salah satu hidden gem dengan makanan yang enak dan murah. Tidak heran jika tiap harinya restoran ini selalu kedatangan banyak sekali pengunjung. Hal ini juga terjadi pada Rabu (26/5) malam, ketika penulis memutuskan untuk mencoba salah satu hidangan khas restoran.

Kesan pertama yang penulis dapatkan ketika mengunjungi restoran adalah ‘ramai’ dan sedikit sempit. Sebelum duduk, pengunjung diharuskan untuk mengambil nomor antrian. Ketika giliran antrian tiba, waitress akan mendatangi meja pengunjung. Salah satu keunikan restoran ini adalah menunya yang tiap hari selalu ganti. Tidak ada menu paten yang ditetapkan oleh restoran. Waitress akan menunjukkan menu yang tersedia pada hari itu ke pengunjung menggunakan handphone milik waitress, lalu mencatat pesanan pengunjung. Pengunjung juga bisa mengetahui menu hari itu melalui instagram @tfpkopiwarun atau @tfpdinner. Kala itu, penulis memutuskan untuk mencoba spicy chicken casserole with corn salsa sebagai main course serta pancake with coconut cheesecake, lychee, and jackfruit sebagai dessert. Suasana restoran yang kala itu tengah ramai menjadi pemandangan tersendiri kala menunggu pesanan datang.

Sekitar 10 menit kemudian, menu pertama spicy chicken casserole with corn salsa datang. Hidangan ini terdiri dari spicy chicken yang direbus sebagai elemen utama, salad dan dressing, french fries, roti, serta telur rebus. Untuk rasanya sendiri, elemen-elemen yang ada pada hidangan terasa cocok di lidah dan saling melengkapi satu sama lain. Karena genrenya yang western, rempah maupun bumbu yang digunakan juga tidak banyak sehingga ketika dicicipi satu persatu, rasanya agak sedikit hambar. Ketika elemen-elemen yang agak hambar tersebut bersatu, rasanya akan menjadi enak. Overall, hidangan ini cukup enak dan mengenyangkan.

Gambar 1.2. Pancake with coconut cheesecake, lychee, and jackfruit. Sumber: Dokumentasi pribadi.
Gambar 1.2. Pancake with coconut cheesecake, lychee, and jackfruit. Sumber: Dokumentasi pribadi.
Setelah 20 menit berlalu sejak hidangan pertama disajikan, menu kedua pancake with coconut cheesecake, lychee, and jackfruit akhirnya datang. Berbeda dari dugaan penulis sendiri, pancake disajikan dengan hangat beserta topping yang juga hangat. Elemen utama dari hidangan tersebut, pancake, memiliki rasa yang lembut dan tidak terlalu manis. Elemen tersebut berpadu dengan elemen lain berupa topping yang cukup melimpah. Hidangan tersebut memiliki topping buah leci, parutan kelapa, buah nangka, serta susu kental manis. Rasa manis didapatkan dari susu kental manis sedangkan buah-buahan yang lain memiliki rasa yang asam dan segar. Secara keseluruhan, dessert ini cocok bagi mereka yang menyukai hidangan yang hangat dan manis.

Well, sudah tertarik untuk mencoba? The French Press Kopi Warung terletak di Gedung barat Pasar Gedhe Hardjonegoro lantai satu. Restoran ini juga buka dua kali, pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang untuk jam makan siang serta jam 4 sore hingga jam setengah 9 malam untuk jam makan malam.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN