Mohon tunggu...
Faza Adzia
Faza Adzia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif UIN Sunan Kalijaga Yogyakatta

Hobi Fotografi Dan Penyuka Seni

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keindahan Senja yang Tiada Dua di Pantai Kesirat

8 Juni 2024   14:26 Diperbarui: 8 Juni 2024   14:41 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumen Pribadi

Senja di pantai adalah sebuah pemandangan yang memukau dan menghipnotis. Saat mentari mulai merunduk ke balik cakrawala, langit menjadi latar belakang yang sempurna bagi siluet pohon kelapa. Warna-warni langit mencampurkan sentuhan jingga, merah, dan ungu, menciptakan palet yang menakjubkan. Suara deburan ombak yang perlahan beriringan dengan burung-burung laut yang pulang ke sarangnya, menambahkan kesan damai dan romantis. Di sini, waktu terasa berhenti sejenak, membiarkan kita merasakan kedamaian yang tak tergantikan di pelukan alam.

Pantai Tanjung Kesirat Jogja adalah salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan tenang, dengan ombak besar dan batu karang yang menjulang tinggi. Keunikan inilah yang membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk menikmati sunset dan berkemah. Suasana di pantai berkarang begitu memikat dengan harmoni alam yang tercipta di antara batuan dan ombak yang tenang. Gemericik air yang menghantam karang membawa ketenangan, sementara warna-warni terumbu karang menyapu mata dengan keindahan yang tak terlukiskan. Di sini, kehidupan laut berlimpah, memberikan pesona tersendiri bagi siapa pun yang menyaksikannya. Terumbu karang yang megah menjadi tempat perlindungan bagi beragam spesies laut, memperkaya keanekaragaman hayati. Saat matahari terbenam, suasana pantai berkarang menjadi lebih magis dengan warna-warni langit yang memukau dan bayangan batuan yang memanjang di sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Sumber : Dokumen Pribadi
Sumber : Dokumen Pribadi

Untuk mencapai pantai ini, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari pusat kota Yogyakarta. Rute perjalanan cukup mudah, dengan waktu tempuh sekitar satu hingga satu setengah jam. Kita dapat mengikuti jalur menuju Piyungan, Playen, Paliyan, Saptosari, dan Girikarto. Setelah sampai di Dusun Nglaos, belok kanan dan ikuti jalan hingga tiba di pantai ini. saya sendiri menuju Pantai ini menggunakan kendaraan pribadi saya yaitu sepeda motor berbekal google maps dan perbekalan yang cukup saya sangat menikmati perjalanan ini.

Banyak cerita dan lika liku saya dalam perjalanan saya ke Pantai kesirat kali ini salah satunya adalah ketia saya melewati jalan di daerah gunung kidul disitu saya terjatuh dari motor karena adanya jalan yang berlubang, saya jatuh dan terluka sat itu, memang perlu berhati hati untuk mencapai Pantai ini karena memag tidak semua jalan yang dilalui mulus dan bagus ada kalanya jalan-jalan yang berada di gunung kidul ini banyak yang rusak dan berlubang .

Setelah sampai di Pantai tanjung kesirat rasa Lelah dan sakit saya karna terjatuh karena jalan berlubang pada saat perjalanan tadinya langsung terbayarkan dengan keindahan Pantai tersebut, angin yang sejuk pemandangan alam yang eksotis dan indahnya lautan yang ada di depan saya membuat saya lupa akan kejadian tadi, saya dibuat terhipnotis akan keindahan Pantai tanjung kesirat ini.

Sumber : dokumen Pribadi
Sumber : dokumen Pribadi

Menurut saya dengan harga tiket masuk sepuluh ribu untuk satu orang, destinasi wisata satu ini dinilai sangat terjangkau untuk ukuran Pantai yang  ada di Yogyakarta, karna dengan harga tersebut kita bisa puas menikmati keindahan alam yang ada di Pantai tanjung kesirat tersebut, mungkin kita hanya menambah tarif retribusi parkir sebesar tiga ribu rupiah untuk motor dan lima ribu rupiah untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Jangan khawatir nila nanti kita merasa lapar atau kehausan karena di sepanjang sebelum menuju ke Pantai tanjung  kesirat banyak terdapat toko atau warung yang berjualan seperti makanan seafood, ayam, dan lain lain, tidak lupa juga banyak para penjual minuman segar seperti penjual es kelapa muda dan minuman lainnya jadi selama menikmati wisata kita tidak perlu memikirkan lagi soal urusan perut, dan bila ada wisatawan yang ingin bermalam atau menginap di Pantai ini sangat bisa sekali karena Pantai ini merupakan jajaran karang yang landau dan datar yang membuat para wisatawan memilih Pantai ini untuk camping atau bermalam di sini bila wisatawan tidak memiliki atau membawa tenda dan perlengkapan di tempat destinasi wisata juga banyak yang menyewakan tenda dan perlengkapan camping jadi tidak  ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi Pantai kesirat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun