Mohon tunggu...
Fayza Indar
Fayza Indar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Administrasi Publik Universitas Jenderal Soedirman

If you can dream it, you can do it

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Reformasi Birokrasi Mendorong Peningkatan Pelayanan Transportasi Publik: Hadirnya Teman Bus Trans Banyumas

17 Juni 2022   07:13 Diperbarui: 17 Juni 2022   07:43 224 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Dok: Radar Banyumas

Seiring dengan perkembangan zaman, pelayanan publik di bidang transportasi dituntut untuk menghadirkan layanan yang memuaskan masyarakat. Pelayanan transportasi publik merupakan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari. 

Masyarakat membutuhkan transportasi publik yang murah, aman, nyaman, dan cepat yang harus diwujudkan oleh pemerintah. Berdasarkan tuntutan inilah, diperlukan adanya inovasi dalam peningkatan transportasi publik yang diwujudkan oleh reformasi birokrasi pemerintah.

Birokrasi merupakan suatu bentuk organisasi atau lembaga sistem pemerintahan yang memiliki bentuk ideal dan rasional dengan hierarki dan struktur yang jelas untuk melaksanakan tugas administratif oleh pegawai pemerintah. 

Oleh karena itu, birokrasi memegang posisi kuat dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui kebijakan. Birokrasi bertanggungjawab melaksanakan pekerjaannya untuk menciptakan hasil yang efisien, salah satunya pemberian pelayanan publik kepada masyarakat.

Berkaitan dengan pelayanan publik sebagai perwujudan kesejahteraan masyarakat, birokrasi memiliki kontribusi besar sekaligus memiliki tantangan besar dalam mencapainya. 

Birokrasi yang selama ini memiliki citra yang kurang bagus seperti pelayanannya lama, kinerjanya berbelit, adanya KKN, dan berbagai permasalahan lain yang membuat masyarakat terkesan enggan untuk berurusan dengan birokrasi. Dari permasalahan ini, tentunya tantangan besar yang harus dihadapi birokrasi ialah mampu melaksanakan kegiatannya dengan efektif dan efisien.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, dibutuhkan adanya reformasi birokrasi. Dilansir dari web Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). 

Reformasi birokrasi dilakukan untuk mencapai sasaran terciptanya birokrat yang berintegritas, berkinerja tinggi, dan melayani secara prima terhadap kebutuhan masyarakat.

Salah satu cara dalam reformasi birokrasi ini ialah peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi-inovasi yang dapat diberikan dan diterapkan untuk menghasilkan output kegiatan atau program yang memberikan dampak positif kepada masyarakat. Kualitas pelayanan publik yang dapat diberikan yakni satu di antaranya dengan menjawab kebutuhan masyarakat di bidang transportasi.

Transportasi umum terutama transportasi darat selama ini masih dinilai kurang memenuhi keinginan masyarakat. Terdapat sejumlah kendala atau kekurangan seperti kendaraan yang melebihi kapasitas, tidak tepat waktu, keamanan yang rendah, hingga fasilitas yang tidak memadai. Hal ini membuat masyarakat cenderung lebih memilih untuk menggunakan transportasi pribadi yang apabila penggunaannya terlalu banyak, dapat menimbulkan permasalahan seperti kemacetan, polusi udara, dsb.

Melalui reformasi birokrasi, pemerintah bisa meng-upgrade layanan transportasi yang diberikan kepada masyarakat guna mengatasi kendala tersebut. Didukung dengan adanya perkembangan teknologi, pelayanan transportasi publik harus bisa beradaptasi dengan lingkungan, seperti misalnya penggunaan aplikasi secara online maupun menerapkan cashless.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan