Mohon tunggu...
Fayza
Fayza Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Untuk keperluan tugas kuliah (Modul Nusantara)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dekat Sang Proklamator

14 November 2022   10:41 Diperbarui: 14 November 2022   10:43 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bung Karno merupakan tokoh yang sangat berpengaruh dan berjasa bagi bangsa Indonesia, beliau merupakan salah satu tokoh proklamator dan dijuluki sebagai penyambung lidah rakyat. Tak heran jika dibangun perpustakaan khusus untuk mengenang sejarah hidup sang presiden pertama kita ini. 

Perpustakaan ini menjadi perpustakaan kepresidenan pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Berlokasi di Jl. Ir. Soekarno No. 152 Blitar, Jawa Timur. Diresmikan pada 3 Juli 2004 oleh presiden Megawati Sukarnoputri. Perpustakaan ini menyimpan karya-karya tulis Soekarno serta buku-buku yang dibaca oleh beliau. Dipajang juga beberapa benda koleksi milik Soekarno berupa lukisan, jam tangan, pena, peci, keris, kacamata bahkan jas dan kemeja yang pernah dipakai sang proklamator. Terdapat sekitar 246.000 koleksi dari berbagai media, baik media cetak, tulis dan digital. Di dalam perpustakaan terdapat beberapa komputer touchscreen yang bisa digunakan pegunjung untuk mengakses peristiwa-peristiwa penting perjalanan hidup Soekarno.

Tidak jauh dari museum dan perpustakaan terdapat makam Soekarno. Karena sebenarnya perpustakaan dan museum dibagun masih pada area makam Soekarno. Ir. Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Di makamkan di Blitar tanggal 22 Juni 1970 berdekatan dengan makam kedua orangtuanya. Kompleks makam dibuat cukup besar karena setiap harinya ramai peziarah yang datang untuk mendoakan. Di depan kompleks makam terdapat gapura dan saat masuk kedalam terdapat pendopo yang luas. Makam sebelah timur adalah ayah Bung Karno, yakni Soekeni Sosrodihardjo, Makam sebelah barat adalah ibu Bung Karno, yakni Ida Ayu Nyoman Rai dan makam Bung Karno berada di tengah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun