Mohon tunggu...
Fawwaz Dhiyaaul Haq
Fawwaz Dhiyaaul Haq Mohon Tunggu... PKOR 2017

Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Relawan UNS Covid-19 Batch 1 Desa Sawahan RT 5 RW 1 Ngemplak Boyolali

8 Juli 2020   18:51 Diperbarui: 8 Juli 2020   18:58 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Relawan UNS Covid-19 Batch 1 Desa Sawahan RT 5 RW 1 Ngemplak Boyolali
dok. KKN

Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS Solo tahun ini tetap mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi para mahasiswanya. Tetapi, kali ini dengan cara yang berbeda sesuai dengan situasi yang sedang kita hadapi bersama, yaitu pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dalam hal ini UNS merubah KKN yang semulanya bertempat dibeberapa wilayah di Indonesia menjadi perdaerah sesuai dengan daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

KKN yang semulanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu KKN Mandiri dan KKN Reguler dirubah menjadi hanya satu kategori mengingat situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. KKN ini disebut sebagai KKN Relawan UNS Covid-19. KKN ini memiliki tujuan agar mahasiswa tetap dapat menjalankan Kuliah Kerja Nyata meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, yang tentunya dalam KKN ini mahasiswa diharapkan tetap dapat memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat maupun pemerintah yang sama-sama sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN Relawan UNS Covid-19 ini adalah Fawwaz Dhiyaaul Haq. Fawwaz sendiri melakukan kegiatan KKN nya sesuai dengan daerah tempat tinggalnya, yaitu Desa Sawahan RT 5 RW 1 Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Sesuai dengan himbauan Dosen Pembimbing Lapangannya (DPL), yaitu Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si. , setiap mahasiswa KKN Relawan UNS Covid-19 harus melaksanakan kegiatan KKN sesuai dengan daerahnya masing-masing.

Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih tema yang akan digunakan dalam KKN nya, Fawwaz sendiri memilih tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Dengan mengangkat tema tersebut, Fawwaz melaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya adalah memberikan edukasi sekaligus pembagian masker serta handsanitizer kepada masyarakat, kemudian menempelkan poster-poster edukasi terkait Covid-19, bekerjasama dengan remaja masjid untuk membantu masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, seperti pembagian paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan, pembagian paket kesehatan untuk setiap masyarakat atau jamaah Masjid At Taqwa, dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah kegiatan KKN Relawan UNS Covid-19 ini dapat terlaksana dengan baik, banyak kegiatan yang dapat mengedukasi dan membantu masyarakat. Walaupun dalam kenyataannya juga masih terdapat beberapa kekurangan, tetapi ini juga dapat menjadi inovasi baru bagi kita yang ingin tetap bergerak membantu masyarakat maupun pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Harapan saya, tentu saja semoga KKN Relawan UNS Covid-19 ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi agar kegiatan ini dapat terus menginovasi, mengedukasi, dan membantu masyarakat maupun pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19", ujar Fawwaz, Kamis (25/6/2020).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x