Mohon tunggu...
Favian Ferdinand
Favian Ferdinand Mohon Tunggu... Product Desainer

UKP'18 Mahasiswa Interior Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tips Perancangan Kamar Apartemen Milenial

11 Mei 2021   11:00 Diperbarui: 17 Mei 2021   00:05 110 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Perancangan Kamar Apartemen Milenial
Sumber: Pexels.com

Pada umumnya apartemen memiliki ukuran yang sangat kecil, oleh karena itu perancangan atau pemilihan desain di sebuah apartemen merupakan suatu aspek yang penting agar penghuni dari sebuah apartemen merasa nyaman dan puas terhadap kaum millenial. Oleh karena itu diharapkan tips perancangan ini dapat berguna bagi kaum milenial yang ingin mendesain atau menata kamar apartemen mereka, sesuai dengan kemauan dan selera mereka. 

1. Gunakan Furniture Multifungsi

Multifungsi disini memiliki arti 1 barang memiliki 2 fungsi atau lebih, sebagai contohnya meja makan yang bisa dijadikan meja kopi. Hal ini dilakukan agar space ruangan yang sempit dapat dioptimalkan penggunaannya. Dengan menggunakan produk multifungsi ini kaum milenial dapat memanfaatkan space yang kosong dengan berbagai macam produk sehingga kamar terlihat memiliki space yang luas walaupun sebenarnya tidak. Sebagai contoh ambalan atau storage yang bisa dijadikan meja. Dengan menggunakan furniture multifungsi ini penggunaan ruang apartemen akan menjadi optimal. 

2. Manfaatkan bagian atas kamar

Maksud dari memanfaatkan bagian atas dari sebuah kamar, yaitu dengan menjadikannya sebagai tempat penyimpanan ataupun area tidur di bagian atas kamar, mungkin hal ini akan menjadikan bagian kasur kecil, namun dengan melakukan hal ini area pada apartemen akan menjadi maksimal penggunaannya. Dengan melakukan hal ini kaum milenial dapat memanfaatkan bagian bawah ruangan dengan menjadikannya tempat bekerja, tempat makan, ataupun tempat multifungsi. Hal ini dapat membuat kamar apartemen terlihat luas dan lengkap sehingga cocok sekali dengan kaum milenial. 

Sumber: elledecor.com
Sumber: elledecor.com
3. Maksimalkan pembagian ruang 

Sebelum mulai mendesain atau memasukkan furniture alangkah baiknya bila kita bisa membagi area apartemen terlebih dahulu. Seperti gambar dibawah dapat kita lihat terjadinya pembagian area kamar, seperti area untuk tidur, area untuk tempat penyimpanan, dan area untuk bercengkrama atau bersantai. Hal ini sangat efisien bagi kaum milenial pada saat memilih furniture, sehingga tidak terjadi kebingungan ataupun kesalahan. Selain itu hal ini juga membuat kesan teratur di dalam kamar apartemen kaum milenial.

Sumber: Unsplash.com
Sumber: Unsplash.com
4. Gunakan warna terang dan cermin 

Disini disebutkan untuk menggunakan warna terang yang dimaksud adalah warna-warna pada dinding dan plafon, karena dengan penggunaan warna cerah, seperti warna putih ataupun warna pastel. Hal ini dilakukan untuk membuat kamar apartemen akan terlihat lebih luas. Selain itu hal ini juga dapat dilakukan dengan penggunaan cermin pada dinding ruangan. Hal ini akan membuat pantulan cahaya sehingga kamar apartemen terlihat lebih cerah dan lebih luas. 

Sumber: Pexels.com
Sumber: Pexels.com
5. Maksimalkan pembuatan storage pada ruangan 

Karena pada umumnya ruangan apartemen pada umumnya kecil, akan tetapi kebutuhan kaum milenial sangatlah beragam, oleh karena itu diperlukan storage dengan jumlah yang banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyusun ambalan keatas atau membuat satu area full untuk storage. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan produk lemari penyimpanan barang atau produk lain yang berguna untuk menyimpan barang. Hal Ini dapat memenuhi kebutuhan kaum milenial saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN