Mohon tunggu...
Fauzi Wahyu Zamzami
Fauzi Wahyu Zamzami Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia. Tertarik untuk meneliti isu-isu Diplomasi Publik, Nation Branding, dan Komunikasi Global.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Diplomasi Publik Korea Selatan Melalui Sektor Pendidikan untuk Asia Tengah

1 Oktober 2020   21:22 Diperbarui: 1 Oktober 2020   21:32 107 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diplomasi Publik Korea Selatan Melalui Sektor Pendidikan untuk Asia Tengah
sisunnews.co.kr

Ada hal unik saat menjelajahi Internet Korea, saya menemukan satu iklan yang menarik. Dikatakan bahwa Universitas Internasional Korea baru di Ferghana (KIUF), Uzbekistan dibuka, dan profesor serta instruktur barunya pun demikian.

Bukan fenomena baru bagi Uzbekistan untuk menjadi tuan rumah kampus internasional universitas yang berbasis di luar negeri. Universitas dari Rusia, Singapura, Italia, Korea, dan Inggris telah mendirikan cabang internasional di ibu kota Tashkent. 

Tetapi Universitas Internasional Korea di Ferghana (KIUF) adalah lembaga pendidikan tinggi internasional pertama yang berbasis di kota dengan populasi sekitar 280.000, di antaranya sekitar 40 persen berusia di bawah 25 tahun. 

Hal ini relevan untuk mengasumsikan bahwa jenis fasilitas pendidikan akan mendidik kaum muda yang akan melanjutkan karir pendidikan mereka di Korea atau akan mencari pekerjaan di Uzbekistan dengan perusahaan yang didanai atau dioperasikan oleh pemangku kepentingan Korea.

Hubungan keseluruhan antara Korea dan negara-negara Asia Tengah (Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan) luar biasa, dan pendidikan memainkan peran yang sangat penting. 

Program pertukaran biasanya diperhitungkan sebagai instrumen diplomasi publik yang beroperasi dalam kerangka pendidikan. Namun, pendidikan dapat menjadi alat diplomasi publik suatu negara dalam cakupan yang cukup luas, dan tidak terbatas pada program pertukaran.

"Penggunaan pendidikan Korea sebagai alat untuk mendekati publik Asia Tengah sangat beragam, dari yang cukup masif hingga sangat selektif dan menargetkan berbagai jenis kelompok umur dari berbagai daerah"

Pendekatan Korea terhadap republik Asia Tengah tampaknya cukup beragam dan inovatif. Saya dapat mengidentifikasi tujuh jenis saluran pendidikan yang digunakan Korea untuk menjalankan diplomasi publiknya dan mendekati individu yang dipilih dengan cermat serta segmen populasi yang lebih luas.

Global Korea Scholarship

Ini adalah program beasiswa unggulan yang menargetkan mahasiswa internasional baik sarjana dan pascasarjana. Program ini mencakup semua biaya, dan mahasiswa diharapkan menyelesaikan kursus bahasa di Korea dan kemudian memperoleh gelar akademis dari salah satu universitas Korea yang dipilih. 

Salah satu tujuan utama program ini adalah untuk menghasilkan jaringan internasional yang pro-Korea di seluruh dunia yang selanjutnya akan berkontribusi pada kesuksesan Korea di negara asing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x