Mohon tunggu...
Fauzi Kurniawan
Fauzi Kurniawan Mohon Tunggu... Saya Fauzi kurniawan, saya seorang mahasiswa dengan usia 20 tahun

Hallo Dunia Penulisan

Selanjutnya

Tutup

Digital

Penting untuk Programmer Pemula

22 Januari 2021   13:13 Diperbarui: 22 Januari 2021   13:35 109 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting untuk Programmer Pemula
towardsdatascience.com

Anda seorang programmer pemula dan belum cukup memahami maksud – maksud dari bahasa pemrograman? Oke sekarang tenangkan diri anda bahwa sebenarnya saya juga mengalami hal yang sama seperti itu, saya baru mengenal dunia pemrograman pada tahun 2019 atau sekitar 2 tahun yang lalu kira – kira, yaitu saya berasal dari sekolah yang tidak memiliki latar belakang pemrograman membuat saya mungkin menjadi orang yang paling bodoh di perkuliahan saat itu. 

Namun, apakah dengan menyalahkan sesuatu yang terjadi pada diri saya karena nekat masuk jurusan adalah suatu hal yang bagus dan akan merubah keadaan menjadi lebih baik, apakah dengan mundur dari jurusan yang sekarang saya jalani kemudian keluar akan membuat keadaan lebih baik? Tentu tidak, karena ketika mendapatkan suatu permasalahan yang harus dicari adalah jalan keluar dari masalah bukan mundur dari masalah.

Dibawah ini saya akan menuliskan kiat - kiat yang diharapkan dapat membantu diri saya pribadi dan pembaca untuk menjadi programmer profesional yang bisa berguna untuk semua kalangan.

Penting 1 : Temukan Tujuan

Agar tidak tersesat dalam belajar pemrograman maka sudah seharusnya kita memiliki tujuan ke mana kita akan melangkah, layaknya berpergian pastinya kita memiliki tujuan agar sampai ke tempat yang ingin kita tuju, begitu juga dengan pemrograman tentunya kita harus memiliki rencana agar sampai pada titik goals yang kita inginkan sesuai rencana kita.

Dalam dunia pemrograman terdapat banyak bidang yang memiliki kriteria masing -  masing seperti contohnya : Web developer, Data scientis, Android developer, Game developer, Machine learning, kemudian dalam bidang tersebut masih terbagi bagi seperti web developer yang memiliki ranah kerjanya masing - masing, seperti Front - End Developer untuk memprogram tampilan utama program, Back - End Developer untuk memprogram bagian belakang program agar terhubung antara tampilan utama dengan fungsi - fungsi yang dikhususkan dalam website tersebut.

Penting 2 : Cari Cara Belajar

Semua orang memiliki cara belajarnya masing – masing, ada yang memiliki cara belajar secara individu, ada yang memiliki cara belajar berkelompok maka pilihlah anda merasa lebih nyaman dengan cara seperti apa?

Kemudian dalam hal belajar anda lebih suka dengan metode seperti apa? Ada orang yang mudah paham dengan hanya menonton video, ada yang langsung paham ketika membaca dokumentasi, ada yang langsung paham dengan mendengar podcast atau seminar dan semacamnya. Maka tentukan juga metode seperti apa yang membuat anda lebih gampang menerima ilmu, penulis sendiri memiliki cara yaitu menonton video tutorial dan langsung mencoba praktikannya dalam sebuah kode editor agar dapat langsung mengetahui maksud dari fungsi program yang dibuat

Penting 3 : Konsistensi

Konsistensi salah satu langkah untuk menjadi programmer profesional, menyempatkan waktu untuk belajar ditengah – tengah sempitnya waktu maupun lapangnya waktu, pasti akan ada saja perubahan yang didapatkan dalam 100 hari kedepan lewat konsistensi ini. Contoh, apabila sekarang adalah hari 1 anda dalam belajar konsistensi yang baru hanya menuliskan script “Hello World” dalam 100 hari kedepan mungkin saja sudah dapat memahami konsep – konsep dasar pemrograman. Penulis sendiri memiliki konsistensi untuk belajar kurang lebih – 8 jam perhari sejak bulan Maret tahun 2020 yang lalu.

Penting 4 : Komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN