Mohon tunggu...
Edukasi

KKN Tematik UPI dalam Pencegahan Covid-19

30 Juni 2020   21:30 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:18 20 0 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa pada waktu dan daerah tertentu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri darma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sasaran KKN ialah mahasiswa, perguruan tinggi, dan masyarakat.

Pada tahun ini, KKN juga tetap dilaksanakan mahasiswa UPI semester genap yang telah mengontrak KKN. Namun pelaksanaan KKN tahun ini sangat berbeda dengan KKN tahun sebelumnya, karena dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19 dan dilaksanakan secara daring. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI meluncurkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar dengan tema "Edukasi Pencegahan Covid-19”.
Pelaksanaan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 dimulai pada tanggal 17 Mei 2020 sampai 17 Juni 2020. KKN Tematik Pencegahan Covid-19 dilaksanakan selama 120 jam atau setara dengan satu bulan kerja.

Program yang ditawarkan untuk mahasiswa pun beragam, mahasiswa dapat memilih salah satu atau lebih program pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar tempat mahasiswa tinggal atau berlangsungnya kegiatan KKN. Ada pun program yang ditawarkan, bagi mahasiswa yang sudah/sedang menjadi relawan pencegahan Covid-19 atau sudah/sedang terlibat melakukan kegiatan pencegahan Covid-19 baik dengan inisiatif sendiri maupun bermitra dengan pihak lain, dapat dihargai setara dengan telah melakukan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Begitu pun dengan saya yang telah bergiat menjadi anggota relawan dan telah melaksanakan kegiatan kerelawanan sejak tanggal 11 April 2020 sampai 19 Mei 2020 di bawah naungan organisasi Victoria Care. Bersama dengan rekan relawan lainnya, kami melaksanakan kegiatan dengan tema “Bersama Victoria Care Peduli Perangi Covid-19”. Sasaran dari kegiatan ini yaitu masyarakat yang masih harus berkegiatan diluar rumah dan masyarakat yang ekonominya terdampak oleh adanya pandemi ini. Kegiatan yang dilaksanakan dimulai dengan merumuskan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu edukasi terkait COVID -19 melalui pembuatan dan pemasangan spanduk urgensi Covid-19, pembuatan dan pemasangan poster edukasi Covid-19, dan pembuatan dan penyebaran video tutorial cuci tangan menurut WHO ke berbagai media sosial. Lalu, kegiatan bentuk pencegahan langsung dengan pembuatan dan pembagian hand sanitizer, pembagian masker, menjaga pos keamanan RW. Dan pembagian rice bowl yang disponsori oleh Kios Hao-Hao dan sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Victoria Care juga bekerja sama dengan RW 08 Babakan Ciparay dalam melaksanakan kegiatan ini agar produk yang disebarkan tepat sasaran sesuai dengan data yang ada.

Walaupun banyak berkegiatan diluar ruangan, kami tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Dengan menerapkan social distancing serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekitar seperti, tidak bersalaman, duduk dan berdiri dengan jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan dan bergerombol atau kegiatan mengundang massa, selalu mencuci tangan sesuai standar WHO dan hal-hal yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN