Mohon tunggu...
Fauziah Apriliani
Fauziah Apriliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Melalui Game Edukasi

30 Juli 2021   15:04 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:14 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan template wordwall (dokpri)

Implementasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi permasalahan di bidang pendidikan akibat pandemi COVID-19 dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring)  memberikan dampak yang beragam. Salah satu dampak yang dirasakan siswa yaitu menimbulkan rasa bosan dan menurunnya minat belajar. Hal ini yang membuat para pendidik harus memutar otak agar pembelajaran dapat berjalan efektif.

Upaya yang dilakukan oleh guru PAI SDN Selakopi 1 dalam mengatasi rasa bosan dan meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif bermuatan game edukasi yang berisi materi pembelajaran. Pemanfaatan multimedia interaktif dirasa sangat tepat untuk dapat mengoptimalkan proses maupun hasil belajar siswa.

Salah satu jenis media pembelajaran interaktif yang cocok untuk pembelajaran daring adalah media pembelajaran melalui game atau permainan. Game dapat berfungsi sebagai hiburan sehingga membuat anak-anak menjadi lebih senang dalam belajar, mereka juga dapat bermain dan belajar di waktu yang bersamaan serta fleksibel kapan pun dan di mana pun.

Salah satu website menarik yang dapat diakses kapanpun, oleh siapapun dan di browser manapun dengan gratis yaitu wordwall. Wordwall dirancang untuk mempermudah guru agar dapat membuat media pembelajaran online berbasis game edukasi tanpa perlu penguasaan coding dan bisa menyesuaikan materi yang akan diajarkan.

Wordwall memiliki banyak template atau jenis dan karakteristik permainan siap pakai untuk pembelajaran interaktif berbasis permainan. Kegiatan dapat dilakukan selama pembelajaran daring berlangsung ataupun ditugaskan kepada peserta didik. Karena link game edukasi tersebut dapat langsung dibagikan ke media pembelajaran online lainnya seperti whatsapp, google classroom, telegram, dan lain sebagainya.

Dalam penerapan pembelajaran daring ini penggunaan aplikasi wordwall dapat dimanfaatkan guru untuk membuat game edukasi. Melalui game edukasi guru dapat menyampaikan materi dengan permainan sehingga peserta didik tidak akan bosan dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun