Mohon tunggu...
Fatikhah Fauziah
Fatikhah Fauziah Mohon Tunggu... -

mahasiswi UNY PKnH'10.. ketika kamu merasa tidak ada yang peduli tentangmu, bercerminlah! orang yang kamu lihat membutuhkanmu lebih dari siapapun. maka lakukanlah yang terbaik!

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Bermasalah Dengan Konsentrasi & Cara Mengatasinya, Tes di Sini!!

13 Juni 2012   00:37 Diperbarui: 4 April 2017   18:18 1016
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1339547645235545505

Bagaimanakah agar bisa fokus dan konsentrasi? menarik jika mengetes konsentrasi, bisa sambil latihan juga. Permasalahan yang sering saya alami sulit untuk fokus. Kurang fokusnya saya mungkin dikarenakan dalam beberapa kegiatan atau keadaan tertentu sering merasa cepat bosan, sehingga menyebabkan kurang memperhatikan. Hal tersebut jelas menyebabkan tidak fokus. Penyebab lainnya karena tidak tertarik dengan hal yang dibicarakan orang lain atau materi yang disampaikan dosen misalnya, sehingga saya akan mencari kesibukan lain. Kemudian materi atau bahan bicaraannya sulit dipahami, sehingga bagi saya hal tersebut harus diulangi beberapa kali. selain itu jika sedang ada masalah, terutama masalah keluarga pasti menyebabkan tidak fokus untuk melakukan suatu hal. Perkembangan teknologi juga menyebabkan penurunan daya fokus seseorang, misalnya saja sekarang ini HP sudah menjadi barang sehari-hari yang setiap orang sudah memilikinya. saat mengerjakan sesuatu jika HP nya berbunyi reaksi pertama pasti menghentikan pekerjaannya dan kemudian mencari HP kemudian sesaat terpaku ke layar HP, itulah yang sering saya alami. Kurangnya fokus dan konsentrasi tersebut merugikan kita jelasnya. karena hal itu saya menjadi "lola" alias loanding lama atau berpikirnya jadi lama. Saya sering malu jika diajak bicara tidak nyambung dan sering terjadi misscommunication. Orang lain menjadi sebel dch. selain itu dalam mengerjakan sesuatu hal juga menjadi lama, membutuhkan waktu lebih. Usaha saya agar tetap bisa fokus 1. agar bisa fokus dengan lawan bicara, yang bisa dilakukan adalah berikan perspektif yang baik terhadap apa yang dibicarakan lawan bicara, perspektif bahwa saya akan tertarik dengan yang dibicarakannya, sehingga saya akan mendapatkan manfaat serta ilmu baru. 2. untuk fokus saat mengikuti kegiatan, misalnya kuliah, pelajaran atau seminar dll. pertama yang mungkin dilakukan adalah pejamkan mata tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan perlahan lewat mulut, seraya mencari satu titik fokus tujuan dan meluruskan niat. ini adalah tips yang saya dapatkan dari teman. dan layak dicoba. 3. Lebih teliti saat mengerjakan sesuatu, mungkin bisa dilatih dengan mengisi TTS atau permainan yang butuh ketelitian n fokus. 4. sering-selinglah olahraga. yang saya alami setiap berangkat kuliah nyepeda saat sampai kampus walaupun ngos-ngosan tetapi membuat saya lebih bisa fokus. jadi sempatkanlah berolahraga 5. banyak-banyak minum air putih. inilah hal yang kuran saya perhatikan, karena kurang minum saya sering menguap dan cepat mengantuk, karena oksigen dalam otak kurang. 6. banyak-banyaklah membaca, karena jika pengetahuan kita luas maka saat mengobrol jadi lebih hidup. Bagi Anda yang juga mengalami hal sama bisa mencoba cara-car tersebut, atau pastilah setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi masalah dalam hidupnya. bisa sharing gtu.. hehe.. salam tes konsentrasi Anda di sini atau salah satunya lihat gambar di bawah ini.. :)

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun