Mohon tunggu...
Muhammad Fauzan
Muhammad Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saya sangat menggemari dunia otomotif dan traveling juga kebahasaan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Motor Kamu Gredek? Inilah Penyebabnya!

2 Desember 2022   10:14 Diperbarui: 2 Desember 2022   10:31 1312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah motor kesayanganmu mengalami kondisi gredek atau getaran pada bukaan gas awal? Tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan berkendaramu.

Sebenarnya masalah ini sudah umum terjadi pada segala jenis motor matic yang ada di Indonesia. Permasalahan ini terdapat pada bagian Continuosly Variable Transmission (CVT). Pada komponen CVT,terdapat 2 bagian pulley yang dihubungkan oleh V-Belt. Fungsi CVT sendiri adalah sebagai penyalur putaran atau tenaga dari mesin yang disalurkan pada roda bagian belakang sehingga motor matic dapat berjalan ketika gas diputar. 

Lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana sih cara untuk mengatasinya? Berikut penjelasan mengapa gredek pada CVT bisa terjadi.

1. Kampas ganda kotor

Ketika kampas ganda kotor,maka kampas ganda tidak akan mencengkram dengan sempurna pada mangkok ganda. Sehingga kinerja kampas ganda menjadi tidak maksimal kemudian hal ini mengakibatkan selip dan getaran pada motor anda ketika pada bukaan gas awal.

2. Mangkok ganda aus

Keausan mangkok ganda ini biasanya diakibatkan oleh bahan kampas ganda yang terlalu keras (produk aftermarket) sehingga mangkok ganda yang akan terkikis oleh kampas ganda. Efeknya mangkok ganda akan menjadi tipis sehingga tidak kuat lagi untuk menahan panas dari gesekan kampas ganda. 

3. Karet dumper mengeras

Fungsi karet dumper ini sebagai peredam getaran dari kampas ganda saat akan menutup kembali setelah rpm tinggi. Ketika karet dumper ini mengeras, maka tidak akan ada yang meredam saat kampas ganda kembali menutup.Inilah salah satu hal yang dapat mengakibatkan gredek pada motor matic anda.

4. Seal pulley belakang bocor

Fungsi seal sendiri adalah sebagai penahan grease atau gemuk pada pulley belakang. Ketika seal ini bocor,maka Grease atau gemuk akan meluber keluar, sehingga dapat menempel pada kampas ganda yang mengakibatkan selip dan gredek pada bukaan gas awal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun