Mohon tunggu...
Nur RochmahFauzaani
Nur RochmahFauzaani Mohon Tunggu... hi

Bio

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UNS bersama Warga Membuat Tempat Cuci Tangan Umum di Balai RT 03 RW 13

2 Agustus 2020   16:40 Diperbarui: 2 Agustus 2020   16:41 14 1 0 Mohon Tunggu...

Cilacap, Pandemi virus corona menjadi masalah utama yang sedang melanda dunia. Wabah ini pertama kali diindifikasi pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan dikarenakan oleh coronavirus 2 (SARS-Cov-2). Tak luput virus ini pun melanda Indonesia yang membuat masyarakat turut resah dengan masalah baru yang terjadi. Penyebaran virus yang massif dan relative cepat kian meresahkan masyarakat.

Masyarakat Cilacap juga dapat merasakan dampak yag terjadi akan adanya panemi corona ini. Dari dunia pendidikan yang mengharuskan setiap siswanya melakukan pembelajaran di rumah atau melalui daring. Hal ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menekan kemungkinan penyebarluasan virus corona.

Namum, tidak dipungkiri masyarakat terkadang harus melalukan kegiatan diluar rumah yang membuat kita wajib mengetahui langkah-langkah efektif pencegahan akan virus ini. Maka dari itu Universitas Sebelas Maret memutuskan untuk melaksanakan kegiatan KKN dengan tema KKN Era COVID-19 dengan mengerahkan masahasiswa sebagai relawan yang dilaksanakan pada domisili masing-masing mahasiswa.

Dengan itu salah satu mahasiswa juga ikut seta dalam upaya pencegahan virus corona melalui kegiatan membuat tempat cuci tangan untuk umum di Balai RT 03  RW 13 Kelurahan Sidanegara Cilacap. Kegiatan ini dilakukan pada Hari Minggu 21, Juni 2020 memalui kerja sama dengan warga setempat seacara gorong royong dalam proses instalasi pemasangan wastafel.

Program ini dibuat guna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencuci tangan dengan barsih setelah melakukan kegiatan yang bertujuan untuk upaya pencegahan terkena virus. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya mendukung kebijakan dari pemerintah dalam menerapkan New Normal Era.

Atas terlaksananya program ini beberapa warga pun turut berpatisipasi dalam melakukan tutorial mencuci tangan dengan baik dan benar seperti anjuran yang diberikan oleh kemenkes.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x