Mohon tunggu...
Kholifatus Sahara
Kholifatus Sahara Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maliki Malang '19 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk Cari Tahu Bakat dan Minatmu

9 Mei 2021   22:32 Diperbarui: 9 Mei 2021   22:34 35 3 0 Mohon Tunggu...

Di sebuah sekolah anak memiliki bakat yang bermacam - macam,ada yang sangat ahli di bidang musik,ada yang pintar menggambar, menari dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan setiap orang terlahir dengan memiliki kemampuan yang dibawa masing - masing, namun tidak semua orang memiliki potensi yang sama, sehingga kemampuan alami yang dimiliki oleh seseorang bisa di latih atau diberikan stimulus yang tepat sehingga potensi yang dimiliki seorang anak bisa berkembang maksimal. Bakat merupakan kemampuan yang diperoleh dari lahir kemudian dilatih dan dikembangkan melalui stimulus sehingga menghasilkan sebuah bakat. sedangkan minat merupakan proses pemberian dukungan  dan arahan  terhadap apa yang sedang diminati oleh indvidu sesuai pada tempatnya. Minat dan bakat merupakan dua hal yang tak terpisahkan. hal ini juga akan mempermudah anak dalam menentukan langkah apa yang akan ditentukan  selanjutnya.  minat dan bakat juga merupaakan hal yang berpengaruh penting dalam pendidikan. Dalam hal ini faktor minat dan bakat juga ditentukan atau dipengaruhi oleh beberapa faktor , faktor internal seperti keturunan dari orang tua yang memiliki bakat, kemudian  kemauan atau dorongan dalam diri anak untuk mengembangkan sebuah bakat, kemudian faktor eksternal yang berasal dari lingkungan atau rangsangan yang mereka dapatkan. program dari sekolah pun diharap mampu menunjang dan mengembangkan bakat serta minat anak, karena kemampuan anak bermacam -macam, ada yang lebih condong ke prestasi akademik ada juga yang lebih cndong ke prestasi non akademik. perbedaan bakat dan minat bisa dilihat berdasarkan ciri - cirinya, anak bisa disebut berbakat jika anak  banyak menghasilkan prestasi,  kemudian aktivitas yang mereka lakukan tidak berdasarkan paksaaan dan tanpa adanya batasan dari adanya bakat akan memunculkan sebuah minat sehingga keduanya saling berkesinambungan. Minat memiliki ciri - ciri yaitu muncul  secara bersamaan dengan kesiapan dan lingkungan sehingga anak tertarik akan sesuatu bukan berdasarkan paksaan. 

Nah bagaimana cara mengetahui bakat dan minat yang kita miliki? Bakat dan minat yang kita miliki bisa diketahui melalui tes minat dan bakat. Melalui tes bakat dan minat, kita akan lebih terfokus pada apa yang menjadi potensi kita dan akan memudahkan untuk memilih jenjang pendidikan. Minat dan bakat harus di deteksi lebih dini agar bisa terarah dengan baik . Tes minat dan bakat juga bisa mendeteksi kelebihan yang kita miliki dan bisa memperbaiki kekurangan yang kita punya . Tes bakat dan minat juga bisa di deteksi melalui psikolog. Bagaimana pola perilaku yang mereka terapkan dan kemampuan apa yang lebih condong mereka miliki.

Kemampuan guru dalam menganalisis bakat dan minat siswa, melalui teknik atau metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga bakat dan minat siswa bisa diasah dengan baik. Guru juga harus bisa menumbuhkan semangat motivasi untuk siswa karena dorongan internal akan berpengaruh terhadap minat dan semangat belajar anak. Nilai juga bisa dijadikan tolak ukur oleh guru apakah anak sudah bisa berkembang dengan bakat dan minat yang sesuai, kemudian kepribadian, guru mampu memahami dan mengerti kepribadian yang dimiliki oleh muridnya. Sehingga jika menyangkut kepribadian sudah sangat luas dan lebih mendalam. 

Minat dan bakat juga akan berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang . Minat sebagai pendukung dari adanya bakat dan anak juga harus bisa menjadikan minat dan bakat yang ada pada dirinya menjadi kemampuan yang spesial. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendidik dan orang tua, pada anak usia dini perlu mendapat perhatian lebih dari segi kemampuan dan hasil belajarnya utnuk mengetahui anak memiliki kelebihan di bidang apa dan kekurangan mana yang harus diperbaiki, kemudian jangan paksa anak untuk mengikuti kemauan kita karena belum tentu yang baik menurut kita baik juga untuk kemampuan anak, berikan dukungan posistif kepada anak, jika anak gagal beri dia semangat dan nasehat yang bijak bukan memarahinya, berikan tempat atau pelatihan terbaik dalam mengembangkan minat anak dan berikan reward jika anak telah berhasil dalam mencapai keberhasilannya, bangun komunikasi yang baik dengan anak.

VIDEO PILIHAN