Mohon tunggu...
Fatmawati SMANIS
Fatmawati SMANIS Mohon Tunggu... Guru - Teacher, Blogger

Guru BK di SMA Negeri 1 Sumberejo

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Untuk Apa Kita Bekerja ?

30 November 2022   17:46 Diperbarui: 30 November 2022   17:50 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kerja memiliki arti sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah atau mata pencaharian. Bekerja merupakan kegiatan melakukan pekerjaan dengan maksud untuk memperoleh penghasilan. 

Sering kita mendengar orangtua berkata pada anaknya jika mereka dewasa nanti mau bekerja menjadi apa ? Dan sering kita jumpai pula setiap bertemu dengan kawan lama selalu menanyakan apa pekerjaannya. Tak jarang pula banyak orang yang bertahan melakukan pekerjaan yang tidak mereka sukai hanya karena mendapatkan gaji dan penghasilan yang besar. 

Sebenarnya untuk apa kita bekerja ? Semata-mata hanya untuk mendapatkan uang dan penghasilan ataukah ingin mendapatkan kebahagiaan ? itu semua tergantung pada masing-masing individu dalam menentukan tujuannya dalam bekerja.

Bekerja adalah ibadah.

Bekerja merupakan salah satu ikhtiar untuk bertahan hidup.  Allah menganjurkan semua hamba-Nya untuk berusaha. Bekerja untuk mendapatkan rezeki yang halal dan barokah termasuk jihad di jalan Allah SWT. Dalam agama apapun bekerja merupakan ibadah kepada sang Maha Pencipta selama niat kita ikhlas untuk bekerja sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya. Bekerja dengan niat ibadah akan menimbulkan keikhlasan untuk bekerja karena Allah, tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan uang dan jabatan.

Bekerja adalah amanah.

Pekerjaan merupakan sebuah amanah yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggungjawab baik tanggung jawab terhadap Allah SWT., diri sendiri, orang lain, masyarakat, bangsa, negara dan agama. Apapun pekerjaan kita, jika kita menganggapnya sebagai amanah maka akan dilaksanakan dengan benar dan penuh tanggung jawab terhadap amanah yang sudah dipercayakan kepada kita.

Bekerja sebagai rahmat.

Pekerjaan merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Sang Maha pencipta kepada kita, maka semua itu wajib kita syukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Dengan pekerjaan tersebut kita mendapatkan ilmu pengetahuan, relasi, rejeki, dan banyak lagi yang terkadang tak terpikirkan sebelumnya.

Bekerja adalah panggilan jiwa.

Pekerjaan merupakan panggilan jiwa kita sehingga apapun pekerjaannya akan membuat kita enjoy, nyaman, senang, dan semangat untuk melakukannya tanpa ada embel-embel apapun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun