Mohon tunggu...
Fatmawati Hubu
Fatmawati Hubu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Ada sesuatu yang lebih penting daripada kegagalan, yaitu mensyukuri yang telah didapat😊

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Pendidikan

6 Desember 2022   11:26 Diperbarui: 2 Januari 2023   20:16 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENDIDIKAN

Fatmawati HubuΒΉ Novianty DjafriΒ²

Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

ABSTRAK : Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi terhadap mutu pendidikan. Persaingan dalam dunia pendidikan menuntut banyaknya lembaga pendidikan memiliki nilai baik di masyarakat. Lembaga pendidikan harus dibangun dengan budaya organisasi yang memberikan jaminan pelaksanaan proses pendidikan berjalan dengan baik dan memiliki kualitas yang baik pula. Budaya organisasi harus dapat berjalan sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat agar dapat menghasilkan lulusan terbaik yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Kata kunci : budaya, organisasi, pendidikan

PENDAHULUAN

Β  Β  Β  Β  Β  Β  (Ibrahim et al., 2019) menyatakan, budaya organisasi adalah seperangkat asumsi dasar dan keyakinan yang dianut oleh anggota-anggota organisasi kemudian dikembangkan dan diwariskan guna mengatasi masalah-masalah adaptasi eksternal dan masalah integrasi internal. Masalah terbesar dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan. Terdapat banyak pihak yang berpendapat bahwasanya rendahnya kualitas pendidikan merupakan faktor penghambat ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki banyak keterampilan dan kemampuan dalam berbagai bidang. Upaya peningkatan kualitas sekolah harus dimulai dari dari internal sekolah itu sendiri yaitu harus memperhatikan nilai nilai yang hidup sebagai budaya sekolah (Zubaidah, 2015).

Β  Β  Β  Β  Β  Β  Guru merupakan fasilitator terbaik yang merupakan jembatan penghubung antara siswa dengan masa depan, guru pemberi informasi yang diperlukan oleh siswa. Peran guru sangat dibutuhkan dalam lembaga pendidikan karena tanpa adanya guru maka tidak akan ada yang berhasil dalam mencapai cita-citanya. Selain itu, budaya organisasi juga berpengaruh besar terhadap proses pendidikan dan tumbuh kembang siswa. Membimbing siswa dalam proses belajar mengajar merupakan tanggung jawab besar yang diamanahkan oleh pemerintah untuk guru.

METODEΒ 

Β  Β  Β  Β  Β  Β  Penyusunan artikel ini menggunakan metode rujukan atau studi kepustakaan, sedangkan pendekatan yang digunakan yakni pendekatan deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengkaji perilaku individu dalam organisasi. Data yang diperoleh dari media noncetak/elektronik seperti artikel dan sumber-sumber lain yang dapat dipercaya dianalisis dan dikembangkan menjadi satu kesatuan yang dituangkan dalam artikel ini.

HASIL DAN PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun