Mohon tunggu...
Siti Fatmawati
Siti Fatmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Menulis dan menuangakan isi pikiran

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Masa Depan Mobilitas Berkelanjutan

3 September 2023   06:32 Diperbarui: 3 September 2023   06:54 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Penggunaan kendaraan bermotor yang berbahan bakar fosil telah menjadi penyebab utama dari berbagai masalah lingkungan, termasuk polusi udara, pemanasan global, dan degradasi sumber daya alam. 

Munculnya kendaraan listrik (EVs) telah menggantikan paradigma konvensional ini dengan janji akan masa depan mobilitas berkelanjutan yang lebih bersahabat lingkungan. Artikel ini akan menjelaskan mengapa kendaraan listrik adalah solusi masa depan untuk mobilitas berkelanjutan.

1. Mengurangi Emisi Karbon

Salah satu manfaat paling mencolok dari kendaraan listrik adalah kemampuannya untuk mengurangi emisi karbon. EVs menggunakan motor listrik yang sepenuhnya atau sebagian besar bekerja dengan energi listrik yang bersih, yang berarti tidak ada emisi langsung saat beroperasi. Hal ini membantu mengurangi kontribusi transportasi terhadap pemanasan global dan kualitas udara yang lebih baik di perkotaan.

2. Efisiensi Energi

Kendaraan listrik umumnya jauh lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan kendaraan bermotor konvensional. Motor listrik memiliki efisiensi yang lebih tinggi dalam mengubah energi listrik menjadi tenaga gerak daripada mesin pembakaran internal. Dalam arti lain, lebih sedikit energi terbuang dalam bentuk panas, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik dan penggunaan energi yang lebih hemat.

3. Biaya Operasional Rendah

Meskipun biaya awal untuk membeli kendaraan listrik bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan konvensional, biaya operasionalnya jauh lebih rendah. Pengisian baterai jauh lebih murah daripada membeli bahan bakar fosil, dan biaya perawatan lebih rendah karena motor listrik memiliki komponen yang lebih sedikit dan lebih tahan lama.

4. Kemajuan dalam Teknologi Baterai

Salah satu hambatan utama dalam adopsi kendaraan listrik adalah batasan jangkauan dan waktu pengisian baterai. Namun, terjadi kemajuan pesat dalam teknologi baterai, yang menghasilkan baterai yang lebih kuat, lebih ringan, dan lebih efisien. Ini membuat kendaraan listrik semakin praktis dan memiliki jangkauan yang lebih jauh.

5. Pengembangan Infrastruktur Pengisian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun