Mohon tunggu...
fatmasari titien
fatmasari titien Mohon Tunggu... abadikan jejak kebaikan, jadikan hidup penuh manfaat

ibu profesional, pembelajar dan pegiat sosial.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Amalan Terbaik

24 April 2021   15:08 Diperbarui: 24 April 2021   15:10 409 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Amalan Terbaik
Ilustrasi Pribadi

Segala puji bagi Allah, robb semesta alam. Atas rahmat-Nya pula, kita semua masih dapat bertemu dengan ramadhan hari ini. Ada banyak orang yang tidak punya kesempatan untuk bertemu ramadhan. Ada pula yang diijinkan bertemu hanya sepuluh hari saja atau kurang dari itu.

Segala puji bagi Allah yang telah mengijinkan kita menikmati ramadhan sampai sejauh ini. Semoga Allah ijinkan menyelesaikan ibadah ramadhan tahun ini dan seterusnya, aamiin.

Ada yang dipertemukan ramadhan tahun ini dalam usia masih sangat muda. Ada yang masih dalam usia pertengahan. Namun ada pula yang sudah lanjut usia. Tentu amalan yang dapat dilakukan di setiap jenjang usia tersebut tidaklah sama.

Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, ampunan dan juga keberkahan, dijauhkan Allah dari adzab neraka. Betapa beruntungnya, 'ala kulli halin alhamdulillah.

Ada sebagian kaum muslimin yang masih berprinsip, baru akan memperbanyak ibadah atau mendekatkan diri kepada Allah setelah masuk usia senja, setelah pensiun atau purna tugas. Padahal tak ada seorangpun yang mengetahui, pada usia berapa Allah akan memanggilnya.

Mungkin kita sering mendengar ungkapan, "Kecil bermanja-manja, muda hura-hura, dewasa kaya raya, mati masuk surga". Kiranya hal-hal semacam ini hanya ada dalam angan-angan saja.

Ada saya yang mengatakan, " selagi muda dipuas-puasin nakalnya (maksiyat). Entar kalau udah tua baru tobat. Kan dapet dunia akhirat. " Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Apakah dia tahu kalau umurnya akan panjang? Kalau seandainya dia ditakdirkan panjang, apa ada jaminan dia akan sadar? Atau justru akan bertambah kesesatannya?! Allah berfirman dalam QS Lukman: 34,

"Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Waktu adalah sesuatu yang terpenting untuk diperhatikan. Jika ia berlalu tak akan mungkin kembali. Setiap hari dari waktu kita berlalu, berarti ajal semakin dekat. Umur merupakan nikmat yang seseorang akan ditanya tentangnya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

:

"Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu)." (HR. At-Tirmidzi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN