Mohon tunggu...
FATMALA NOFITAWATI
FATMALA NOFITAWATI Mohon Tunggu... 201910501026

PWK, Fakultas Teknik, Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Perumahan dan Pemukiman Sidoarjo sebagai Penyokong Kota Surabaya

1 November 2020   07:39 Diperbarui: 1 November 2020   07:45 134 0 0 Mohon Tunggu...

Perumahan dan pemukiman merupakan sarana, prasarana, dan utulitas umum sebagai pemenuhan kebutuhan tempat tinggal dalam bentuk bangunan dengan menggunakan suatu sistem pembinaan, penyelenggaraan, pencegahan, dan pemeliharaan yang membentuk suatu lingkungan hidup. 

Dalam UU No 4 tahun 1992 membahas tentang perumahan dan pemukiman merupaka bangunan dalam kelompok yang menjadi lingkungan tempat tinggal dengan prasaraa pendukungnya. 

Menurut UU 1 tahun 2011 penyelenggaran tempat kegiatan dan hunian yang mendukung kehidupan berupa kawasan perkotaan maupun pedesaan. Perumahan dan pemukiman salah satu pendorong dalam pengembangan kebutuhan ragional dan pertumbuhan perekonomian.

Perkotaan menjadi pusat pembangunan, pengembangan dan memiliki pengaruh sangat luas terhadap wilayah disekitarnya. Sidoarjo sebagai kota penyokong Surabaya karna berbatasan langsung dengan Surabaya yang menjadi pusat kota di Provinsi Jawa Timur. 

Pengaruh pembangunan dan pemukiman berdampak pada wilayah disekitar yang menjadi kawasan penyokong suatu kota. Perkembangan dan pembanguna suatu kota mempengaruhi indeks pertumbuhan kebutuhan perumahn dan pemukiman.

Pengaruh yang sangat besar menjadikan sidoarjo sebagai objek pembangunan penduduk dengan kepadatan penduduk mencapai 2.750 jiwa/per Km2. Kepadatan penduduk yang disebabkan karena tingginya arus urbanisasi yang terjadi sebagai dampak kekuatan ekonomis, sektor industri dan penyokong Kota Suabaya. 

Semakin bertambahnya tingkat penduduk yang berada di Sidoarjo mendorong pertumuhan perumahan dan pemukiman sehingga kebutuhan tempat tinggal yang tercapai dari bentuk kontribusi penyokong kebutuhan Surabaya.

Pembangunan dan kepadatan yang tinggi perkotaan menjadikan ketersediaan lahan untuk pemukiman di perkotaan sangat rendah dan dengan harga yang kurang dapat dijangkau. 

Sidoarjo sebagai wilayah yang masih memiliki ketersediaan lahan dengan harga yang terjangkau dan menjadi pendorong pembangunan untuk pemenuhan tempat tinggal penduduk asli maupun penduduk yang melakukan urbanisasi. Penyeimbangan antara kebutuhan tempat tinggal dengan berkembangnya infrastuktur perkotaan sangat penting.

Kebutuhan semakin tingginya kawasan untuk dijadikan tempat tinggal yang layak huni disekitar perkotaan. Sidoarjo menjadi kabupaten yang sesuai dan masih memiliki ketersediaan lahan yang cukup dengan harga yang terjangkau dan lingkungan yang masih belum tercemar terlalu parah seperti keadaan pusat kota. 

Menjadikan banyaknya investor yang datang untuk membangun perumahan dan pemukiman yang layak bagi penduduk yang melakukan urbanisasi maupun penduduk sekitar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x