Mohon tunggu...
fatma ariyanti
fatma ariyanti Mohon Tunggu... Buruh - Citizen

Point of view orang ke-3

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cara Mengatasi Jenuh Baca Buku

27 Mei 2024   18:47 Diperbarui: 27 Mei 2024   18:50 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hampir semua orang yang menyukai baca buku pernah pada posisi jenuh! Mengapa ini bisa terjadi? Ini memang semacam penyakitnya bookworm dan book-collector yang gila-gilaan atau obses sama buku. Sama seperti atlet yang kadang muak dengan olahraga, atau seniman yang tengah dalam fase membenci karya. Bookers juga bisa dalam fase jenuh, lelah. Hal ini bukan karena sebab. Biasanya faktor terbesarnya adalah stres. Selain itu faktor eksternal dan internal bisa berbeda untuk semua orang dan semua.

Bagi bookers, jika kamu merasakan jenuh membaca buku, lakukan beberapa tips dibawah ini:

1. Ketahui dulu penyebabnya

Banyak orang yang tidak menyadari dirinya stres dan depresi ringan. Sehingga tidak hanya hobi saja, bahkan aktivitas sehari-hari saja bisa terganggu. Jadi jika kamu merasa jenuh dengan hobi, mungkin kamu perlu untuk mengakui terlebih dahulu bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja. Tidak apa kok, sedang tidak baik-baik saja. Jangan memaksa.

2. Membatasi topik atau genre buku

Sebaiknya batasi genre atau topik tertentu agar informasi tidak tumpang tindih. Misalnya hari ini baca buku ekonomi, jangan selingi baca buku hukum. Dua-duanya topik berat. Bukannya tambah informasi, otak malah kelelahan.

Kalau baca novel untuk hari ini, ya novel saja, atau hiburan lainnya seperti majalah dan komik. Lalu minggu depannya bisa baca topik ekonomi, minggu depannya lagi topik hukum. Namun jika topik yang menurut kamu ringan saja sudah sulit dicerna, maka sebaiknya jeda dulu dari aktivitas membaca. Jika diteruskan, lama-kelamaan membaca malah jadi beban.

3. Kurangi jumlah buku

Tidak perlu menambah banyak buku dengan tergesa dalam waktu singkat. Mata kamu juga bisa sakit, dan otot saraf dalam otak malah makin menegang. Information overload dapat menyebabkan sakit kepala. Jika memang kamu punya banyak waktu luang untuk membaca, batasi 1 atau 2 buku perminggu. Satu bulan sudah dapat 5 buku kan?

Untuk orang dewasa yang sudah memiliki kesibukan, idealnya satu bulan 1--3 buku saja. Apalagi jika bukunya halamannya sampai ratusan. Kalau remaja mungkin bisa lebih banyak dari itu. Kemungkinan kamu merasa susah memahami isi buku karena memori otak menumpuk dan stres. Tetapi kamu tidak sadar kalau sedang stres.

Tiga tips diatas bisa kamu terapkan agar membaca buku tidak lagi terasa jenuh.

Sekian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun