Mohon tunggu...
fatma ariyanti
fatma ariyanti Mohon Tunggu... Buruh - Citizen

Point of view orang ke-3

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mengapa Ada Orang yang Tidak Suka Berfoto?

19 Juli 2022   14:18 Diperbarui: 20 Juli 2022   10:06 12534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Ayo foto bareng!"

"Nggak usah, aku aja yang ambil fotonya."

Jujur saya sering mengatakannya. Saya sering diajak foto teman tapi malah saya yang menawarkan diri untuk yang pegang hp dan memfoto mereka. Saya sebenarnya memiliki banyak alasan mengapa tidak mau berfoto. 

Dan saya pikir banyak yang memiliki alasan yang sama dengan saya. Saya juga melakukan riset kecil, seperti mencari jawaban netizen melalui beberapa media sosial mengenai ini. dan sebagian jawabannya sama antara satu dengan yang lainnya. 

Saya juga merasa seperti itu, misal yang paling banyak adalah alasan tidak percaya diri atau bisa saja hanya malas. 

Namun malas ini pun perlu ditelusuri, mengapa seseorang berfoto? Dan bisa saja alasannya kembali ke poin satu, karena tidak percaya diri, seseorang bisa jadi malas mengambil foto apalagi jika di depan orang banyak.

Ada beberapa habit atau kebiasaan khas orang yang tidak suka berfoto, namun jangan dipukul rata. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. 

Bisa saja kamu salah satunya namun habit di bawah ini tidak kamu punyai, atau hanya satu dua diantaranya saja. Berikut kebiasaan-kebiasaan yang mungkin dimiliki orang yang tidak suka berfoto:

  1. Menghindari foto bareng
  2. Lebih suka foto sendirian/selfi
  3. Foto profil jarang foto diri sendiri
  4. Lebih suka foto pemandangan
  5. Kabur kalau difoto
  6. Lebih memilih yang memfotokan saja
  7. Foto menutupi wajah
  8. Sering kecewa dengan foto diri padahal gak jelek-jelek amat

Ada banyak faktor mengapa seseorang tidak suka berfoto, dan mungkin kamu juga memiliki alasan tertentu. 

Berikut yang mungkin menjadi faktor seseorang menghindari foto:

  • Tidak percaya diri, lost confidence
  • Malu berpose di depan orang lain, social anxiety
  • Merasa tidak photogenic
  • Merasa fotonya nanti jadinya tidak bagus
  • Merasa tertekan dan tidak nyaman di depan kamera (pressure)
  • Merasa tidak good-looking
  • Tidak nyaman/benci melihat potret diri sendiri di foto
  • Jika foto dengan orang lain merasa diri sendiri yang paling jelek/aneh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun