Mohon tunggu...
Fatkhur Rozi
Fatkhur Rozi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Jasmani dan Olahraga di IAIN Salatiga dan Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI DAN II,

"just play, have fun, enjoy the game, and get the goal" Kebenaran jika hanya didiamkan tidak disuarakan dan diamalkan akan menjadi sebuah keniscayaan belaka. Belajar tidak hanya memahami, belajar perlu diamalkan. kita menjadi bisa karna terbiasa, terbiasa butuh pembiasaan, pembiasaan butuh latihan. Saat ini saya sedang latihan menulis...."

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Olahraga Virtual, Semakin Eksis di Tengah Pandemi

21 Oktober 2020   09:04 Diperbarui: 21 Oktober 2020   09:16 297 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor kehidupan. Pandemi menjadikan orang harus menjaga jarak dan dilarang berkerumun. Pada konteks berolahraga, adanya pandemi memberikan berbagai inovasi pembaruan. Semua berjalan secara virtual: seminar olahraga, pelatihan olahraga, bahkan sampai dengan kompetisi olahraga sudah banyak berjalan secara virtual.

Virtual Ride & Run

Olahraga lari dan bersepeda semakin eksis di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kedua olahraga tersebut sangat mudah dilakukan tanpa membutuhkan fasilitas yang begitu banyak. 

Terlebih lari, kita hanya membutuhkan alas kaki (bahkan bisa juga tidak). Untuk bersepeda, kita mungkin harus menyiapkan perangkat sepeda (lebih baik lagi disiapkan pula baju bersepeda, helm, sepatu). 

Semula sebelum pandemi, masyarakat di Indonesia memang sudah mulai ramai menyukai olahraga lari. Terlihat dari hadirnya beberapa klub pelari (runners) di berbagai kota di Indonesia dan juga adanya beberapa perlombaan lari yang dijalankan untuk umum, seperti: Borobudur Marathon, Malang Marathon, Yogyakarta Marathon dan lainnya. 

Sama halnya dengan olahraga lari, olahraga bersepeda juga sudah mulai ramai sebelum pandemi muncul. Namun, kedua olahraga ini semakin eksis ketika pandemi muncul dan mengharuskan orang-orang menjaga jarak, dilarang berkerumun, dan dianjurkan menjaga kebugaran. 

Kedua olahraga ini bisa dilakukan di sekitar rumah saja sesuai anjuran pemerintah. Dapat juga dilakukan ketika pergi bekerja ataupun pulang bekerja dengan berlari maupun bersepeda, tetapi tetap dengan memeperhatikan protokol kesehatan yang harus dijalankan.

Hal menarik ditengah pandemi ini adalah semakin eksisnya perlombaan lari/bersepeda secara virtual (virtual run/ride). Perlombaan ini dikembangkan karena adanya pandemi. 

Perlombaan ini menarik karena bisa dijalankan dimana saja dengan menggunakan aplikasi online sebagai perekam jarak. Tentunya ini sejalan dengan era anak-anak milenial yang senang menggunakan teknologi gadget. Apalagi biasanya, perlombaan virtual run/ride ini menawarkan lomba swa foto juga.

Beladiri Virtual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan