Mohon tunggu...
Fatkhilil Huda
Fatkhilil Huda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jenderal Soedirman

Berbakat dibidang Desain Grafis dan Editing Video

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memanfaatkan Media Sosial, Trik Erigo Sukses Sampai Mendunia

7 Oktober 2022   16:19 Diperbarui: 8 Oktober 2022   23:14 874
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di dunia ini, semua manusia membutuhkan pakaian, dari berbagai usia dan dari berbagai kalangan sehingga bayi yang baru lahir pun membutuhkan pakaian. Berdasarkan sejarah perkembangannya, pakaian kebanggaan atau membuat kita lebih percaya diri, sehingga lahirlah fashion. Fashion merupakan simbol fase perubahan budaya dalam suatu kelompok. 

Secara khusus, dapat dikatakan bahwa fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-hari mereka atau selama acara-acara tertentu dengan tujuan mendukung penampilan mereka. 

Atau definisi Fashion adalah gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya atau sebagai fashion. Ada juga yang berpendapat bahwa fashion adalah gaya berpakaian yang menentukan penampilan seorang individu. 

Erigo adalah merek asal Indonesia yang bergerak di dunia fashion Mereka menjual semuanya mulai dari kaos, celana, hingga jaket. Yang menarik, brand yang go international ini masih menjual produk bawah dengan harga terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.
Penasaran bagaimana Erigo memulai pemasarannya di media sosial? Mari kita bahas.

1. Sering Menghadiri Bazar

Saat baru memulai peluncuran mereknya, pemilik Erigo sangat percaya diri untuk mengikuti ajang fashion show besar diJakarta, yaitu Jakarta Clothing Expo. Bagi pemilik Erigo berpartisipasi dalam acara fashion model itu adalah pendekatan sekaligus pemasaran Brand yang bisa dijadikan untuk pengenalan Brand kita.

2. Adanya Website Brand

Selain terjun langsung ke target pasar, Erigo juga membuat Website yang bisa menjadikan kemudahan untuk pembeli untuk membeli produk Erigo ini dari rumah dan memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan informasi langsung dari perusahaan Erigo.

Situs resmi Erigo menerapkan UI atau UX yang menarik dan membuat pengunjung dapat mengakses Website itu dengan mudah. Dari tampilan dan informasi yang diberikan juga bisa dibilang lengkap. Tentang foto produk, dan penjelasan dari erigo tentang kualitas yang terbaik yang disediakan.

3. Media Sosial

Salah satu kunci kesuksesan Brand ini pada tahun 2015 adalah  menggunakan Instagram sebagai media marketing. Dimulai dari 500 pengikut, tetapi sekarang memiliki ratusan hingga jutaan pengikut di Instagram-nya.

Perusahaan juga sangat konsisten untuk membuat feed Instagram yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh user Instagram. Dengan mengembangkan konsep yang sangat sederhana tetapi cukup untuk menarik pengunjung.


Dengan memanfaatkan media sosial, Brand Erigo ini dapat menjangkau lebih banyak target pasar. Tim Erigo juga dalam Mengelola Instagram sangat baik dengan meningkatkan interaksi dengan pengikutnya, contohnya membalas komentar komentar yang ada di konten-nya.

4. Konsep Produk Erigo Yang Menarik

Belajar dari kegagalan, Pemilik akhirnya mengubah konsep mereknya. Dikarena target pasarnya yaitu anak muda, sehingga Erigo berkomitmen untuk memproduksi pakaian kasual dan modis yang sering dipakai dan disukai anak muda.

Salah satu koleksi menarik adalah seri tanah air. Seperti nama temanya, koleksi Erigo ini menggunakan nama-nama negara yang didalamnya terdapat Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris. Pemotretan untuk penjualannyapun dilakukan di negara negara tersebut.

Kembali ke poin utama, definisi kata "menarik" sebenarnya cukup luas. Supaya konsep yang dipasarkan ini sesuai dengan target pasar, perusahaan melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan pasar yang dinantikan oleh target pasar.

Kualitas produk yang tidak mengecewakan pelanggan inilah yang membuat koleksi Merek ini membuat favorit banyak anak muda selain faktor modis dan kenyamanan.

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Strategi pemasaran yang paling menonjol adalah kehadiran influencer yang juga menghargai koleksi mereka. Di era sekarang ini, berkolaborasi dengan influencer merupakan suatu keharusan agar bisnis cepat dikenal dan dikembangkan.

Hal yang dilakukan perusahaan. Sebagai brand ternama, perusahaan tidak hanya memilih influencer untuk memasarkan koleksinya. Tidak hanya memilih influencer dari kalangan model, Brand ini juga memilih dari latar belakang yang beragam selain fashion dengan catatan bahwa influencer ini dapat mendongkrak penjualan koleksi Brand.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun