Mohon tunggu...
Fatimah Varga
Fatimah Varga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta

Mahasiswa undergraduate yang ingin mengembangkan kemampuan menulis

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

4 Oktober: Hari Hewan Sedunia, Tandai Kalendermu!

4 Oktober 2022   18:16 Diperbarui: 4 Oktober 2022   18:19 139 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : National Geographic India https://www.instagram.com/natgeoindia/

Pada tanggal 4 Oktober di setiap tahunnya, Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day diperingati. 

Hari Hewan Sedunia ini dijadikan momentum untuk mengangkat kesadaran akan peningkatan standar kesejahteraan hewan di seluruh dunia. 

Simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui sejarah dan pentingnya Hari Hewan Sedunia.

Hewan adalah organisme atau entitas dalam ekosistem yang hidup berdampingan untuk menyeimbangkan ekologi alam. Hewan memainkan peran penting dalam perlindungan lingkungan, dan juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. 

Seperti contoh, hewan adalah organisme yang menjaga keseimbangan rantai makanan dan berperan dalam siklus karbon dan nitrogen. 

Selain itu, kandungan yang terdapat pada hewan kerap kali dimanfaatkan manusia sebagai bahan makanan dan juga bahan pembuat obat-obatan. 

Oleh karena itu, kita tidak boleh mengabaikan kontribusi hewan dalam kehidupan dan kita harus mencoba untuk menjadikan bumi yang kita pijak ini sebagai tempat yang lebih baik untuk hewan tinggali.

Perayaan Hari hewan sedunia ini merupakan sebuah gerakan yang bertindak sebagai kekuatan global untuk mencapai tujuan diperingatinya, yaitu memperbaiki  status hewan dalam rangka peningkatkan kesejahteraannya di seluruh dunia.

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Menurut World Animal Day, Sejarah dan asal-usul Hari Hewan Sedunia ini dimulai pada tahun 1925 ketika ahli teknologi sekaligus penulis dan jurnalis, Heinrich Zimmermann, mencetuskan dan mengadakan Hari Hewan Sedunia pada tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin, Jerman. 

Pada awalnya, Hari Hewan Sedunia direncanakan untuk diselenggarakan pada tanggal 4 Oktober sesuai dengan inisiatif awal, tetapi, The Sport Palace, yang saat itu adalah satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung pengunjung dari acara tersebut tidak tersedia pada hari itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan