Mohon tunggu...
Fatimah Iskandar Putri
Fatimah Iskandar Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa aktif di Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Dari Tim KKN-T IPB untuk Jeblogan: Langkah Kecil untuk Perubahan Jeblogan Menjadi Lebih Baik

2 September 2022   21:44 Diperbarui: 2 September 2022   21:51 161 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Kawan Jeblogan

Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor (KKN-T IPB) merupakan bentuk pendidikan dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari solusi secara langsung terhadap kendala-kendala yang dihadapi secara nyata oleh masyarakat. 

KKN menjadi ladang bagi mahasiswa untuk belajar secara langsung, bukan hanya sebatas di bangku kuliah. KKN juga menjadi sarana mahasiswa untuk berbagi ilmu yang telah didapatkan di kampus kepada masyarakat.

Selangkah Lebih Dekat dengan Jeblogan

Sumber: Dokumentasi Kawan Jeblogan
Sumber: Dokumentasi Kawan Jeblogan

Jeblogan. Sebuah desa yang mungkin terdengar asing di telinga kita. Desa yang berada di ujung Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, Jawa Tengah ini kini menjadi tempat pembelajaran yang luar biasa untuk Tim KKN-T IPB. Jika kalian membayangkan Jeblogan itu dekat dengan hiruk pikuk kota, hal tersebut adalah kesalahan besar. 

Namun, jika kalian membayangkan Jeblogan adalah desa yang asri dengan segala keramahtamahannya, hal tersebut adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri. Desa seluas 14.387 ha dengan luas sawah sekitar 4.820 ha ini menyajikan banyak sekali pemandangan yang menakjubkan yang belum tentu bisa didapatkan di kota-kota besar. 

Secercah Harap dari Jeblogan

Harapan selalu ada bagi siapa saja yang mau berusaha. Berusaha untuk terus belajar dan segenap potensi yang dimiliki. Siapa sangka, Desa Jeblogan memiliki banyak potensi baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sekitar 1.572 keluarga memiliki tanah pertanian serta 367 keluarga memiliki tanah perkebunan. 

Komoditas pertanian utama yang ada di desa ini adalah padi, sedangkan untuk komoditas perkebunan berupa mangga, rambutan, salak, dan pisang. Sektor peternakan juga terdapat di desa ini walaupun mayoritas merupakan peternakan rakyat dengan kepemilikan sapi, kambing, domba sekitar 1-2 ekor per rumah. Sumber daya manusia usia produktif di desa ini juga banyak.Mata pencaharian utama masyarakat di desa Jeblogan adalah petani dengan total 2869 orang. 

Selain itu, banyak masyarakat yang membuka usaha dan juga sebagai buruh. Masyarakat Desa Jeblogan masih kental dengan budaya dan adat sehingga agama kurang berkembang dalam masyarakat. 

Masyarakat Desa Jeblogan juga masih kental dengan gotong-royong dan saling menolong seperti kerja bakti, pembuatan jalan, bersama-sama menjenguk tetangga yang sakit, dan rewang jika ada anggota lingkungan yang hajatan atau punya kerja. 

Masyarakat juga cenderung terbagi menjadi golongan tua dan golongan muda dimana golongan tua menjadi pengayom sedangkan golongan muda menjadi penggerak bagi masyarakat di wilayah dusun masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan