Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan

Bismillaah, sedang belajar menulis 😇 | IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Hafiz Indonesia, Tontonan Inspiratif Khas Ramadan yang Paling Dirindu

16 April 2021   04:03 Diperbarui: 16 April 2021   04:07 743 40 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hafiz Indonesia, Tontonan Inspiratif Khas Ramadan yang Paling Dirindu
Tangkapan Layar Youtube Hafiz Indonesia

Terhitung sudah empat hari ini saya menyaksikan acara Hafiz Indonesia 2021 yang tayang di salah satu channel TV swasta. Tahun ini menjadi tahun ke-9 acara ini eksis menemani bulan Ramadan para pencinta Quran.  

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, selalu ada peserta yang menarik perhatian saya dan sangat menginspirasi tersebab kesungguhannya dalam menghafal Alquran walaupun di tengah keterbatasan fisiknya.

Aira Aprilia adalah salah satu peserta Hafiz Indonesia 2021 asal Karawang yang terlahir tuna netra. Tak hanya itu, sejak kecil ia sudah harus menghadapi kehidupannya yang tidak mudah. Saat Aira masih umur 2 tahun, ia ditinggal pergi oleh ayahnya yang tidak lama kemudian sang ibunda juga menyusul untuk selamanya.

Aira pun diasuh oleh kakek dan neneknya. Namun, di umur 8 tahun, Aira harus menerima kenyataan kembali bahwa sang nenek juga dipanggil oleh Allah SWT. Akhirnya, hanya tinggal sang kakek yang mengurusi Aira.

Karena merasa tak mampu dengan usia beliau yang sudah senja, sang kakek pun menitipkan Aira di pondok pesantren yayasan yatim piatu dan duafa di Karawang, Jawa Barat. Pondok pesantren tempat Aira belajar diasuh oleh seorang ustaz bergelar Magister yang juga tuna netra. Beliau memiliki dedikasi yang luar biasa bagi anak-anak yatim piatu dan duafa seperti Aira.

Aira bersama Kakak Pengasuhnya dan Host Hafiz Indonesia - Tangkapan Layar Youtube Hafiz Indonesia
Aira bersama Kakak Pengasuhnya dan Host Hafiz Indonesia - Tangkapan Layar Youtube Hafiz Indonesia

Di tengah keterbatasannya, Aira tetap memiliki semangat yang tinggi dalam hidupnya. Ia sangat mencintai Alquran dan berusaha untuk menghafalnya serta bercita-cita menjadi seorang hafizah. Dan di umur 9 tahun saat ini, Aira berhasil menjadi salah satu peserta Hafiz Indonesia 2021 dari 24 peserta yang lolos untuk tampil di layar kaca. Tentu ini menjadi prestasi yang luar biasa dari 600 peserta yang mengikuti audisi online mulai usia 7 sampai 12 tahun.

Hafiz Indonesia adalah salah satu program ajang pencarian bakat bernuansa islami yang tayang khusus di bulan Ramadan. Kehadirannya yang hanya satu bulan dalam satu tahun menjadikan acara ini sangat dirindukan oleh para pencinta Quran.  

Tak mengherankan jika acara ini memperoleh penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai Program Acara Ramadan Terbaik pada tahun 2014, acara ini memang mampu menghadirkan dan menampilkan kemampuan anak-anak dalam melafalkan dan menghafalkan Alquran dengan sangat menarik dan edukatif dalam beberapa segmen.

Para peserta Hafiz Indonesia adalah anak-anak yang datang dari berbagai penjuru di Indonesia dengan latar belakang keluarga yang sangat luar biasa dan kisahnya sangat menginspirasi keluarga Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x