Mohon tunggu...
Firda Fatimah
Firda Fatimah Mohon Tunggu... Tutor - Belajar

IG : @fatim_firda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Artikel Utama

Pahami "Self Esteem", Bantu Siswa Membangun Nilai Positif Dirinya

3 Januari 2021   05:04 Diperbarui: 8 Januari 2021   13:43 978
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa yang percaya diri - penerbitbmedia.com

"Self esteem yang positif akan sangat berpengaruh pada kesuksesan belajar siswa."

Untuk bisa meraih prestasi belajar yang memuaskan tak hanya faktor kecerdasan yang menentukan. Usaha dan juga motivasi belajar yang ada pada diri siswa akan sangat berpengaruh terdapat kesuksesan belajarnya.

Dalam hal ini, self esteem berperan sangat penting dalam proses belajar siswa. Pengajar atau guru yang kompeten, ia akan mampu merangsang siswa untuk menumbuhkan self esteem positif sehingga siswa dapat belajar dengan motivasi tinggi yang kemudian berdampak pula pada prestasi belajarnya.

Sebenarnya apa sih Self Esteem itu?

Secara sederhana, self esteem dapat kita maknai dengan "keberhargaan diri". Sedangkan menurut Orth dan Robins (2014) self esteem adalah penilaian seseorang terhadap diri sendiri baik positif maupun negatif.

Dalam Jurnal Education yang diterbitkan pada April 2018, disimpulkan bahwa self esteem adalah "(1) penilaian seseorang secara umum terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan keberhargaan atau kebergunaan diri dalam menjalani kehidupan. (2) kemampuan untuk memahami apa yang dapat dilakukan dan apa yang telah dilakukan, (3) penetapan tujuan dan arah hidup sendiri, (4) kemampuan untuk percaya pada kemampuan sendiri, dan tidak merasa iri terhadap prestasi orang lain."

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita pahami bahwa self esteem pada siswa adalah penilaian siswa terhadap dirinya dalam hal memahami kemampuan diri baik itu positif maupun negatif. Apakah siswa tersebut merasa dirinya berharga, mampu, berani berpendapat, berani mencoba, tidak takut salah, itu semua dipengaruhi oleh self esteem yang ada pada dirinya.

Self esteem mempengaruhi banyak hal, seperti motivasi belajar, menerima tantangan, pikiran yang fokus, interaksi dengan guru, interaksi dengan sesama teman, bahkan interaksi dengan orang lain diluar kelas.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Mary H Guidon, Penulis buku "A Counseling Primer" bahwa karakteristik siswa yang memiliki self esteem tinggi mereka memiliki rasa percaya diri, ramah, bahagia, optimis, motivasi tinggi, berani berkompetisi, toleransi, aktif, tidak insecure, tegas, peduli, bertanggung jawab, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun