Mohon tunggu...
FATIMAH AZZAHRA
FATIMAH AZZAHRA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Teknik Pengambilan Foto dan Penggunaan Platform Desain Grafis untuk Membuat Media Promosi

26 September 2021   14:52 Diperbarui: 26 September 2021   15:00 95 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknik Pengambilan Foto dan Penggunaan Platform Desain Grafis untuk Membuat Media Promosi
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pendidikan Indonesia dengan Tema Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional Gelombang 2

UNESCO Mengartikan Literasi yaitu kemampuan dalam menggunakan kecakapan membaca, menulis, berhitung yang diperoleh dan dikembangkan melalui proses pembelajaran tetapi tidak hanya itu literasi juga memiliki makna dengan cakupan yang luas seperti bahwa literasi sebagai suatu rangkaian kecakapan membaca,menulis, menghitung ,berbicara dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan sebuah informasi.

Dimesi literasi dalam Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik (KEMENDIKBUD) terdapat literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan dan juga literasi digital. Literasi digital  yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital , alat komunikasi , atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat tepat dan patuh hukum dalam komunikasi dan interaksi pada kehidupan sehari-hari.

Kecakapan dalam menggunakan media digital atau pentingnya literasi digital pada saat ini tentu diperlukan, selain memudahkan dalam kehidupan sehari-hari kecakapan dalam menggunakan media digital dapat menghemat waktu dalam mengerjakan suatu hal pekerjaan, menghemat penggunaan uang, mendapatkan informasi terkini. Salah satunya kecakapan dalam penggunaan media digital dengan memanfaatkan platfrom desain grafis yang tersedia pada mesin pencari ataupun yang dapat kita unduh di layanan distribusi digital dalam perangkat ponsel yang kita miliki.

Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia dengan Tema Literasi Digital diadakannya program dengan tema  "Meningkatkan Daya Tarik Produk Dengan Media Promosi yang menarik". 

Program ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan cara menggukanan media Platform Desain Grafis tersebut. Platform desain grafis ini berupa aplikasi desain untuk memudahkan dalam merancang berbagai desain grafis salah satunya media promosi, yang dapat dimanfaatkan masyarakat salah satunya ibu dengan usia produktif yang biasanya memiliki usaha penyediaan Produk Barang/ Jasa yang di pasarkan dari rumah.

Program ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarkat mengenai media digital yang dapat digunakan dalam membantu kehidupan sehari-hari dengan cara mudah dan menarik.

Program penyuluhan ini berupa pemberian informasi mengenai pembuatan media promosi yang menarik menggunakan media platform desain grafis yang memudahkan dalam pembuatan desain grafis yang kreaatif dan menarik dan juga memberikan informasi menganai teknik pengambilan foto untuk sebuah produk.

Kegiatan mengenai Penggunaan Platform Desain Grafis dengan memberikan tutorial cara mendownload atau mencari platform tersebut didalam mesin pencari. Serta pengaplikasian fitur -- fitur  kreatif yang terdapat didalam platform tersebut. Kemudian dengan memberikan informasi teknik pengambilan foto.

Terdapat beberapa Teknik pengambilan foto produk yaitu :

  • Mencari Pencahayaan yang terbaik , dapat menggunakan cahaya alami yang berasal dari cahaya matahari , pengambilan foto produk tersebut dapat dilakukan didalam ruangan yang berdekatan dengan Jendela maupun dapat dilakukan diluar rumah yang langsung terkena cahaya matahari.
  • Perhatiakan Background foto, pilih background yang membuat produk yang akan dipromosikan terlihat lebih hidup, seperti menggunakan background polos yang memberiki kesan fokus pada objek.
  • Penggunaan Properti sederhana , dapat memanfaatkan barang atau bahan yang berhubungan dengan objek yang akan dipromosikan seperti misalnya foto makanan dapat menggunakan bahan dasar dari makanan tersebut.
  • Pengambilan Foto dari berbagai angle, pengambilan dengan berbagai angle agar dapat menghasilkan foto yang beragam.
  • Tidak terlampau jauh maupun terlampau dekat, pada saat pengambilan gambar diminimalisir dengan penggunaan pilihan zoom foto agar foto yang dihasilkan tidak pecah.

Dengan sudah terlaksananya program ini masyarakat menyadari akan literasi digital khususnya di Rukun Warga 10 Babakan Sari Kota Bandung , dengan kecakapan penggunaan media digital tentu diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan media digital yang tersedia pada saat ini maupun perkembangannya nanti, yang dapat memudahkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dalam pembuatan Media promosi yang manarik tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan