Mohon tunggu...
Fatimah Nur Annisa
Fatimah Nur Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pengetahuan dan Pemikiran

KKN Tematik UPI Tasikmalaya 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Pembelajaran Daring di SDN Babakan Goyang Desa Cikalang

28 Juli 2021   20:50 Diperbarui: 28 Juli 2021   21:31 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Media Pembelajaran Daring di SDN Babakan Goyang Desa Cikalang
Dokumen pribadi

Telah berlalu sudah tahun yang dilalui menjadi perubahan yang sudah membiasa di masa pandemi, banyak sekali dampak covid-19 ini yang salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tentunya peran yang sangat penting jangan sampai terabaikan karena keterbatasan di masa pandemi. Adapun “Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan”. –Tan Malaka 

Dengan keadaan saat ini yang memberlakukan beberapa keterbatasan pelaksanaan dalam pembelajaran selaras dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19, menyatakan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajarn daring atau pembelajaran jarak jauh untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dengan mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah (Kemendikbud, 2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Untuk itu salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam menanggulangi dampak Covid-19 yaitu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebagaimana sesuai surat edaran Rektor Nomor 019 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik di Masa Darurat Covid-19 yang dilaksanakan secara daring. 

Maka dengan adanya ketentuan tersebut saya memilih KKN Tematik Membangun Desa melalui bidang pendidikan, di jenjang Sekolah Dasar dengan berkontribusi membuat media pembelajaran daring untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, dengan adanya media tersebut diharap dapat membantu penyampaian materi secara jelas, mempermudah dan menarik bagi siswa. 

Sebagaimana fungsi dari media pembelajaran untuk menjelaskan atau memvisualisasikan suatu materi yang sulit dipahami jika hanya menggunakan ucapan verbal. (Heri, 2020)

Media pembelajaran yang saya buat menggunakan aplikasi untuk penyampian materi kepada siswa, melalui video yang berisikan penjelasan materi Tema 1 untuk kelas V SDN Babakan Goyang Desa Cikalang, dan berupa Power Point yang disajikan melalui Zoom Meeting, selain penguatan terhadap pembelajaran tentunya keberlangsungan proses pembelajaran perlu kontribusi orang tua sehingga menjadi peluang saya untuk berbagi ilmu dan membuka diskusi bersama orang tua melalui WhatsApp group. 

Dari ruang diskusi tersebut saya melihat beberapa dampak baik dan kurang baiknya proses pembelajaran di rumah masa pandemi yang lebih mengharuskan orang tua lebih kreatif, disiplin waktu, dan seakan keadaan menuntut sebagai orang tua yang multitalent.  

Dengan demikian, hal-hal untuk mendukung keefektifan belajar perlu dari berbagai pihak dan media yang mendukung, dengan adanya kegiatan program KKN ini semoga membantu kelancaran pembelajaran daring dan saling membagi pengalaman dan pengetahuan.

Penulis, Fatimah Nur Annisa

DPL Muhammad Rijal WM, M.Pd.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN