Mohon tunggu...
Fatimah
Fatimah Mohon Tunggu... Beginner

Girl. 23 yo. Acehnese

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Mandiri Jogja Marathon 2019, Serunya Berolahraga sambil Mengeksplorasi Keistimewaan Alam dan Budaya Jogja

21 Mei 2019   20:49 Diperbarui: 21 Mei 2019   20:49 0 3 2 Mohon Tunggu...
Mandiri Jogja Marathon 2019, Serunya Berolahraga sambil Mengeksplorasi Keistimewaan Alam dan Budaya Jogja
Mandiri Jogja Marathon(Source: www.phinemo.com)

Tubuh kita butuh berolahraga supaya senantiasa sehat dan bugar dalam beraktivitas. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Salah satu yang cukup populer adalah marathon atau olahraga lari. Selain sederhana dan tidak menggunakan teknik yang ribet (tinggal berlari saja), olahraga ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Menurut Boldsky, manfaat dari berlari antara lain dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mental.

Tidak hanya sehat badan, sehat pikiran juga sama pentingnya. Makanya, perlu ada yang namanya refreshing atau liburan demi mengendurkan urat saraf yang tegang.

Nah, berbicara soal liburan, Indonesia punya banyak destinasi wisata. Kali ini, saya akan merekomendasikan Kota Jogjakarta. Kota ini sudah lama masuk ke dalam wish-list destinasi yang ingin saya singgahi. Membayangkan Jogja, gambaran tentang kota tua, Marlboro, candi Prambanan dan Gudeg-nya dengan segera mengisi ruang benak saya.

Olahraga sambil Liburan, Mengapa Tidak? 

Dua kebutuhan ini bisa diakomodir sekaligus lewat kegiatan Mandiri Jogja Marathon 2019, lho. Untuk diketahui, Mandiri Jogja Marathon adalah  kompetisi marathon berskala internasional yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Tahun ini adalah pegelaran yang ketiga kalinya.  Lomba Mandiri Jogja Marathon ini akan diikuti oleh sekitar 7500 pelari dari 9 negara. Adapun kategorinya terdiri dari full marathon, half marathon, 10 km dan 5 km. 

Mandiri Jogja Marathon 2019 (Source: www.visitingjogja.com)
Mandiri Jogja Marathon 2019 (Source: www.visitingjogja.com)

Siapapun boleh ikutan? Tentu saja, baik kamu seorang atlet, gemar berolahraga atau cuma ingin meramaikan saja, semuanya bisa ikut mendaftar.

Bukan Sekedar Lomba

Uniknya, Mandiri Jogja Marathon 2019 bukan hanya sekedar lomba, tapi juga ajang untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya Jogja yang luar biasa. Dalam rute marathon ini, pelari akan melewati 13 desa dan 3 destinasi wisata utama di Jogja. Bayangkan saja, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah yang hijau, situs sejarah, tempat wisata yang menarik dan keramahan masyarakat lokal. Kita juga akan melewati candi Prambanan, candi Plaosan dan monumen Taruna yang terkenal.

  • Candi Prambanan 

Candi Prambanan (Source: www.ilmusianana.com)
Candi Prambanan (Source: www.ilmusianana.com)

Candi Prambanan atau juga yang dikenal sebagai candinya Roro Jonggrang merupakan candi hindhu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke 9 Masehi. Candi yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 ini punya banyak hal untuk dieksplorasi. Mulai dari desain arsitekturnya yang megah, relief yang sarat akan nilai sejarah dan tentu saja legenda Roro Jonggrang yang terkenal. 

  • Candi Plaosan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2