Mohon tunggu...
Fatimah
Fatimah Mohon Tunggu... Beginner

Girl. 23 yo. Acehnese

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Haji Muda? Kenapa Nggak! Saatnya Persiapkan Haji Mulai Sekarang

1 Januari 2019   22:20 Diperbarui: 1 Januari 2019   22:48 0 1 0 Mohon Tunggu...
Haji Muda? Kenapa Nggak! Saatnya Persiapkan Haji Mulai Sekarang
Menunaikan ibadah haji adalah impian setiap umat Islam (pic: en.wikipedia.org)

Adalah hari-hari keberangkatan haji menjadi favoritku semasa kecil dulu. Ayah biasanya akan membawa kami (aku dan saudara-saudaraku) ke bandara pada sore hari. Bukan dalam rangka mengantar jemaah haji, melainkan demi menyaksikan keberangkatan pesawat yang mengangkut para jemaah haji. Suatu hiburan tersendiri bagi kami kala menyaksikan detik-detik pesawat haji yang begitu besar itu lepas landas. Dengan suara mesin yang menggelegar, pesawat tersebut meluncur cepat dari landasan. Lantas terbang jauh membawa ratusan jemaah ke negeri nun jauh di sana. Menuju Baitullah

Kapan ya aku bisa naik haji?
Banyak sekali cerita menarik dari mereka yang telah berkunjung ke tanah suci. Mulai soal pengalaman pertama saat tiba di tanah suci Mekkah,  keagungan Masjidil Haram dan Ka'bah, hingga keajaiban-keajaiban lainnya yang terjadi di luar nalar. Semakin banyak aku mendengar pengalaman mereka, semakin besar pula keinginanku berkunjung ke sana.

Salah satu keinginan terbesarku adalah bisa melaksanakan ibadah haji di umur yang masih muda (jika Allah mengizinkan). Tentu saja aku sadar bahwa menunaikan ibadah haji tak semudah dan secepat melakukan ibadah umrah. Jumlah jemaah haji Indonesia sangat tinggi, yaitu mencapai 3,7 juta orang per April 2018. Dengan jumlah angka demikian, masa tunggu calon jemaah haji bisa 11 sampai 30 tahun (Republika). 

Fakta tersebut tidak semestinya membuat kita pesimis. Haji muda bukanlah hal yang tidak mungkin digapai. Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mempersiapkannya sedini mungkin. Mulai dari mental, fisik, dan juga dana. Insha Allah dimudahkan. 

Ada banyak alasan mengapa sebaiknya kita mempersiapkan haji sedini mungkin, yaitu:

1. Masih Dibekali dengan Badan Sehat lagi Kuat

Kita masih dianugerahi fisik yang kuat, sehat dan semangat yang tinggi selagi muda. Manfaatkan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh agar bisa menabung untuk persiapan haji kelak. Selain itu, tubuh yang sehat dan kuat juga mendukung aktivitas ibadah haji dari tangangan iklim panas, cuaca ekstrim dan rutinitas haji yang melelahkan.

2. Masa muda adalah aset

Ada baiknya kita tidak menunda-nunda sesuatu yang baik. Persiapan hajinya nanti saja saat umur sekian? Ingat, kita tak pernah tau akhir waktu dan usia kita.

3. Masa muda adalah salah satu dari lima perkara

Ingat lima perkara sebelum lima perkara. Masa muda adalah salah satunya. Maka berusahalah untuk manfaatkan masa muda sebaik-baiknya. Bukankah Allah lebih suka melihat anak-anak muda yang beribadah dibandingkan orang tua beribadah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x