Mohon tunggu...
Mukhammad FatikhRiduwan
Mukhammad FatikhRiduwan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Progam Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belum Maksimalnya Penerapan Perkembangan Teknologi dalam Sistem Pembelajaran. Apa Penyebabnya?

24 September 2022   15:38 Diperbarui: 24 September 2022   15:41 9086
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ketidak maksimalan penerapan pembelajran berbasis teknologi | Sumber: Talking Less Can Lead Students To Learn More, The Truth Is Revealed

Pada saat ini Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu. Bahkan pemerintah sendiri telah mewajibkan Pendidikan bagi setiap warga negaranya selama 12 tahun bahkan bisa lebih dan itu diatur didalam peraturan perundang-undangan. Adapun pengertian dari Pendidikan secara umum yaitu suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar-mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pendidikan adalah proses menerima atau memberikan instruksi secara sistematis untuk mengubah perilaku atau sikap seseorang atau sekolompok orang melalui pengajaran di sekolah ataupun di Universitas. Pada saat ini Pendidikan tidak hanya dilakukan secara manual namun pada saat ini Pendidikan juga bisa dilakukan dengan digital dengan memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi pada saat ini. Adapun pengertian dari teknologi itu sendiri yaitu sesuatu yang menyatu didalam kehidupan manusia karena memudahkan manusia melakukan berbagai aktivtas.

Pada saat ini perkembangan kemajuan teknologi sangatlah pesat. Maka dari itu pada saat ini diperlukannya Pendidikan gital guna mengimbangi perkembangan teknologi saat ini sehingga dampak yang ditimbulkan dari kemajuan ini bisa berdampak positif. Pendidikan di era digital merupakan Pendidikan yang harus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi kedalam seluruh sistem pembelajaran. Dengan berkembangnya Pendidikan di era digital dapat membuat siswa mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan mudah. Karena pada saat ini kemajuan teknologi bisa dikatakan berkembang dengan pesat. Dengan kemajuan teknologi saat ini seseorang dapat mencari informasi ke berbagai wilayah belahan dunia tanpa harus bepergian langsung menuju wilayah tersebut. Seiring dengan perkembangan kemajuan Teknologi yang semakin pesat membawa pengaruh terjadinya proses transformasi Pendidikan konvensional kedalam bentuk digital atau biasanya kita sebut dengan E-Learning. E-Learning merupakan istilah yang digunakan untuk pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi guna mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran.

Terdapat berbagai macam teknologi yang digunakan didalam mendukung proses pembelajaran yang berbasis digital seperti halnya computer dan layar proyektor. Pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan media teknologi computer biasanya disebut dengan Computer Asissted Instructional (CIA) dimana pada pemanfaatan teknologi computer ini memanfaatkan seluruh kemampuan computer, seperti halnya teks, grafis, gambar, audio, video dan juga animasi. Selain dengan menggunakan media teknologi computer, pembelajaran secara digital juga bisa menggunakan layer proyektor dimana biasanya layer proyektor digunakan untuk menampilkan video animasi guna kepentingan pembelajaran.

Namun pada dasarnya pemanfaatan teknologi dalam system pembelajaran masih bisa dikatakan belum maksimal. Sehingga tidak maksimalnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi tantangan bagi berbagai pihak baik itu kementrian Pendidikan, pihak sekolah, dan tenaga pendidik. Adapun factor-faktor yang menjadi penghambat belum maksimalnya pemanfaatan kemajuan teknologi didalam pembelajaran, yaitu:

  • Kurangnya fasilitas sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang berbasis digital.Karena pada saat ini masih banyak sekolah-sekolah di Indonesia terutama didaerah daerah terpencil memiliki fasilitas yang kurang memadai untuk mengintegrasikan teknologi didalam pembelajaran . Sehingga jika ketersediaan fasilitas sekolah kurang memadai untuk melakukan pengintegrasian ke dalam system pembelajaran maka penerapan kemajuan teknologi dalam system pembelajar masih belum bisa dikatakan maksimal. Dan bisa dikatakan bahwa pembagian fasilitas sekolah untuk menunjang penerapan teknologi dalam pembelajaraan masih belum merata. Karena saat ini hanya daerah daerah tertentu saja yang mendapatkan akses TIK.
  •  Ketidak siapan Sumber Daya Manusia dalam memanfaatkan teknologi didalam pembelajaran.Adapun ketidak siapan ini disebabkan oleh pola kebiasaan yang menganggap bahwa pembelajaran yang berbasis digital masih tidak terlalu penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dan kebanyakan paraa peserta didik merasa puas dengan materi yang diberikan oleh pengajar secara langsung. Sehingga menyebabkan mereka malas untuk mencari informasi tambahan yang ada di internet walaupun sarana dan infrastruktur sekolah sudah mendukung dalam penerapan TIK dalam pembelajaran.
  • Kurangnya kompetensi guru dalam penerapan pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran.Sehingga dengan kurangnya kompetensi guru dalam pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran membuat pengetahuan dan keterampilan dalam mengaplikasin teknologi dalam pembelajaran seperti halnya mengoperasikan computer. Dan tidak adanya antusias dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran didalam kelas.
  • Kurangnya percaya diri dalam menggunakan teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Dari sekian hambatan yang dihadapi oleh para tenaga pendidik dalam memaksimalkan penerapan teknologi dalam pembelajaran terdapat beberapa solusi. Namun guna memecahkan berbagai permasalahan tersebut perlu adanya kerja sama dari beberapa pihak baik itu dari pihak kementrian Pendidikan dan budaya, pihak sekolah dan juga dari pihak para tenaga pendidik. Karena pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan sebuah amanat dari kurikulum 2013 dimana pembelajaran dilaksanakan dari berbagai sumber belajar. Dan berdasarkan prinsip pembelajaran kurikulum 2013 pemanfaatan teknologi pada pembelajaran dapat meningkatkan efisensi dan kreativitas dalam pembelajaran. Oleh karena itu pada era digital saat ini, penggunaan teknologi untuk pembelajaraan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun