Mohon tunggu...
Fathya yasmin
Fathya yasmin Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dinamika Revolusi Industri 4.0 bagi Generasi Muda

8 Desember 2021   22:30 Diperbarui: 8 Desember 2021   22:39 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Revolusi industri 4.0 terfokus pada pola digitalisasi diberbagai aspek kehidupan manusia. Kemampuan dalam menggunakan dan mengelola suatu teknologi merupakan hal dasar yang harus dapat dikuasai setiap individu terutama generasi muda pada saat ini. Guna menghadapi kemajuan teknologi tersebut, para generasi muda harus benar benar dipersiapkan untuk dapat menerima dan beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi ini. 

Maka dari itu setiap generasi muda dituntut untuk menjadi pengguna yang cerdas agar mampu memanfaatkan perangkat teknologi secara efektif untuk berbagai kebutuhan dan dapat mengoptimalkan kemampuannya.

Para generasi muda harus benar benar meningkatkan kualitas diri ditengah pesatnya perkembangan tekonologi agar dapat bersaing dengan banyaknya usia produktif saat ini. Namun untuk merealisasikan hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang harus dilalui untuk mencapai generasi muda yang melek teknologi sepenuhnya.

Ekonom terkenal asal Jerman, Prof. Klaus Schwab memperkenalkan konsep Revolusi Industri 4.0 di dalam bukunya yang berjudul "The Fourth Industrial Revolution"  ia menuturkan bahwa revolusi industri 4.0 telah mengubah hidup dan cara kerja manusia secara fundamental.  Bukan hanya berdampak pada satu bidang, melainkan hampir semua disiplin ilmu merasakan dampak dari kemajuan teknologi. 

Pesatnya perkembangan teknologi pada abad ini benar benar merubah cara hidup manusia, yang mana salah satunya itu melahirkan teknologi digital yang dapat mempermudah segala aspek kehidupan kita. 

Keterbatasan jarak pun tidak menjadi halangan untuk saling berkomunikasi, bukan hanya itu bahkan saat ini sistem perdagangan jual beli online sedang marak-maraknya dipergunakan karena sangat praktis untuk dilakukan.

 Dapat dikatakan disini bahwa revolusi industri sangat mempengaruhi bidang perekonomian. Hal tersebut memperlihatkan dengan jelas bahwa keberadaan tekonologi telah mengubah kehidupan manusia secara perlahan.

Namun tidak seindah apa yang kita bayangkan, revolusi industri akan berpengaruh negatif jika kita dapat bersaingan ditengah segala kemajuan yang kita hadapi saat ini. Tanpa kita sadari dampak negatif dari munculnya revolusi industri adalah permasalahan pengangguran. Menristek atau bisa disebut juga BRIN dalam mediaindonesia.com menuturkan bahwa ada tantangan yang harus dilalui untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu potensi meningkatnya angka pengangguran dikarenakan ketidaksiapan masyarakat dalam beradpatasi dengan pesatnya perkembangan teknologi. 

Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030-2040, dimana usia produktif lebih banyak dibandingkan penduduk usia non produktif. Sehingga semakin banyaknya usia produktif di Indonesia maka akan semakin ketat pula persaingan antar sumber daya manusianya. Oleh karena itu dibutuhkan skill dan kualitas mumpuni yang harus ditingkatkan bagi seluruh penduduk dengan usia produktif agar dapat bersaing ditengah revolusi industri 4.0.

Hal tersebut sejalan dengan seberapa baik kualitas sumber daya manusia yang ada. Untuk mengurangi jumlah pengangguran, maka cara yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas diri. 

Persiapkan diri dengan terus mengasah kemampuan dan keterampilan agar menjadi SDM unggul yang memiliki daya saing tinggi dan siap menghadapi segala tantangan revolusi industri 4.0. Bukan hanya mengasah hard skill, melainkan soft skill juga harus ditingkatkan untuk dapat bersaing di era revolusi industri 4.0. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan