Mohon tunggu...
Fathur Rahman
Fathur Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Arsitektur UNS

Mahasiswa Arsitektur UNS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN UNS Smart Village Desa Borobudur, Merancang Desain Taman Cerdas Edugarden

4 September 2022   04:57 Diperbarui: 4 September 2022   06:32 183 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prespektif Area Masuk Taman. Dokpri

Dusun Kurahan memiliki julukan sebagain kampung unggas, dimana setelah dilakukan observasi banyak masyarakat dusun Kurahan yang memelihara unggas terutama burung untuk sekedar hobi maupun dijadikan sebagai bisnis dan ternak.

Menanggap hal tersebut, Mahasiswa KKN SV UNS Kelompok 276 Fathur Rahman bekerja sama dengan Kelurahan Borobudur, Duta Digital Kabupaten Magelang, dan Kader Digital Desa untuk merencanakan pembuatan desan taman cerdas Edugarden. 

Dalam program kerja ini tentunya memperhatikan pilar smart village yaitu masyarakat cerdas, dengan menyediakan ruang untuk pembelajaran. Program merancang taman cerdas Edugarden merupakan sebuah program untuk mendesain ulang sebuah lahan menjadi taman. 

Fungsi dari taman diharapkan tidak hanya menjadi sebuah view tambahan pada Dusun Kurahan Cawangsari, namun diharapkan dapat memberikan manfaat edukasi dan sebagai ruang sosial. 

Desain taman cerdas Edugarden juga diharapkan meningkatkan daya tarik Dusun Kurahan Cawangsari di mata wisatawan dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemilihan lahan, perizinan dengan pemilik lahan, survei lahan, desain, hingga pengolahan lahan.

Desain taman cerdas Edugarden direncanakan berada pada lahan warga yang beralamat di Kurahan Cawangsari, RT.02/RW.03, Dusun XVI, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kondisi lahan awalnya terdapat beberapa pohon dan gazebo. 

Dengan memperhatikan kondisi awal lahan, desain lahan tetap mempertahankan objek yang telah ada di taman. Konsep outdoor diterapkan pada desain taman cerdas Edugarden.

Gazebo Taman. Dokpri
Gazebo Taman. Dokpri
Desain dari taman cerdas edugarden ini mempunyai beberapa fasilitas antara lain parkir sepeda/sepeda motor, area bermain anak, area multifungsi, kebun tanaman sayur dan hias, tiang gantung untuk menjemur burung, dan taman baca. 

Taman baca, kebun tanaman sayur, dan tanaman hias memiliki media pembelajaran yang dapat menambah wawasan anak dengan fitur audio assistance yang dapat diakses oleh umum dan yang memiliki kebutuhan khusus (tunanetra), sistem barcode yang meningkatkan literasi teknologi, dan infografis untuk mengkomunkasikan informasi secara singkat dan mudah dipahami.

Pengolahan taman yang sudah dilangsukan saat ini berupa memperbaiki dan mengecat gazebo supaya lebih awet, penanaman tanaman pot, penanaman tanaman secara konvensional menggunakan raise bed, aquaponic, dan pembuatan media pembelajaran.

Desain Edugarden mulai dikerjakan mulai minggu pertama KKN, dan penyerahan plakat secara simbolis kepada Kepala Desa Borobudur (01/08/2022) di Kantor Bupati Magelang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan