Mohon tunggu...
Fathyah Rahmaniah
Fathyah Rahmaniah Mohon Tunggu... Freelancer - Sharing is caring

Mahasiswi Semester 7 Yang Sibuk Mengisi CV nya Webtoonist @temenzone.studio and Writer

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Cara Ampuh Atasi Bosan Selama Belajar Daring

12 Agustus 2021   13:53 Diperbarui: 22 Agustus 2021   15:10 35 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Cara Ampuh Atasi Bosan Selama Belajar Daring
ilustrasi bosan belajar sumber: unplash.com

Pembelajaran daring sering sekali membuat kita bosan dengan belajar. Banyak pelajar mulai dari TK sampai jenjang perkuliahan mengalami rasa bosan selama masa belajar daring. Hal ini disebabkan karena kegiatan yang monoton selama dirumah. Berbeda jika dimasa sekolah tatap muka, kita dapat bertemu teman dan berjalan-jalan mengelilingi sekolah. Sayangnya semenjak pandemi Covid 19 berlangsung, pembelajaran mulai dibatasi dengan daring atau online. Pembelajaran daring membuat sebagian pelajar menjadi bosan dan jenuh. Akibatnya, banyak diantara mereka yang mengalami kemerosotan nilai yang berdampak pada performa akademik mereka. Ini jelas berbahaya jika dibiarkan terus menerus, sebab pelajar mulai kehilangan jati diri dan kewajibannya untuk menuntut ilmu. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mengatasi hal ini? Simak 7 tips ampuh atasi bosan selama belajar daring. 

1. Melakukan pembelajaran yang bervariasi sesuai minat

Kita harus mencari metode belajar yang cocok untuk diri kita sebelum memulai belajar. Misalkan jika kita tertarik untuk menggambar, sebaiknya gunakan media seperti kertas, spidol warna, stabilo dan lainnya kemudian rangkum dengan gambar beberapa inti pembahasan. Selain menarik, pembelajaran ini juga mampu meningkatkan kreativitas kita.

2. Belajar diwaktu yang tepat

Maksudnya jika kita terlalu sering belajar di jam-jam yang tidak kondusif didukung dengan keadaan rumah, kita tidak akan bisa fokus menerima pelajaran yang ada. Jam belajar yang tepat adalah kapanpun dimanapun selagi kondisi sekitar tidak berisik dan keadaan otak kalian masih segar. Misalkan jam 7 pagi setelah sarapan.

3. Istirahat jika lelah

Terlalu banyak belajar juga tidak baik karena otakmu dipaksa untuk tetap bekerja. Sesekali kamu harus tidur siang, atau kamu juga bisa tidur tepat waktu setiap malam.

4. Melakukan hobi disela-sela belajar sebagai jeda

Belajar juga butuh jeda, maka dari itu kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan hobimu seperti menulis, menggambar, bermain games, dan lainnya.

5. Siapkan cemilan untuk menemani belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan