Mohon tunggu...
Fathnan.id
Fathnan.id Mohon Tunggu... Blogger, Web Design & Freelancer. Kenali saya lebih dekat di: https://fathnan.id/tentang-saya/

Pria kelahiran Tuban Jawa Timur. Seorang santri yang pernah nyantri di beberapa pesantren dan sempat menjadi idola santri putri pada saat itu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tentang Sejarah Al-Quran

27 Desember 2019   00:45 Diperbarui: 27 Desember 2019   06:10 27 0 0 Mohon Tunggu...

Ada yang menduga cenderung mengecam bahwa Alquran adalah karya tulis Nabi Muhammad. Antara lain alasan mereka adalah, dalam Alquran ada surah-surah Makkiyah dan ada surah-surah Madaniyah. Antara Makkiyah dan Madaniyah terdapat perbedaan uslub. Ini, kata mereka, adalah pengaruh lingkungan.

Kecaman macam ini sungguh bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan saat wahyu Alquran masih berlanjut, orang-orang Musyrik telah berkata bahwa Alquran adalah karya tulis Nabi Muhammad. Sebagaimana yang terekam dalam firman-Nya:

"Sungguh, Kami sudah tahu bahwa mereka berkata, Sesungguhnya seseorang telah mengajarinya (Muhammad)." (Q.S. Al-Anfal: 103)

Firman Allah dalam ayat yang lain:

"Dan apabila ayat-ayat suci Kami dibacakan pada mereka, mereka berkata, Sungguh kami telah mendengarnya, seandainya kami mau, kami akan membuat sepertinya. Itu tidak lain hanyalah dongeng-dongen umat terdahulu."

Tidaklah sulit menjawab tuduhan mereka. Berikut ini adalah argumen-argumen yang mematahkan anggapan itu.

Pertama, dengan penjelasan kemukjizatan Alquran.

Kedua, uslub yang digunakan Alquran sungguh berbeda dengan semua jenis syair, puisi, prosa, dan jenis tulisan apa pun.

Ketiga, gaya bahasa yang digunakan Alquran dan Hadis itu berbeda.

Meskipun Hadis Nabi memiliki kedudukan yang tinggi dalam linguistik Arab, ia tetap tidak bisa dibandingkan dengan Alquran, baik dari segi pilihan diksinyanya, beragamnya arti dan isyaratnya, nada dan iramanya, keluasan bahasa dan maknanya, hingga kemukjizatan-kemukjizatannya. 

Jika Alquran adalah karya Nabi Muhammad, tentu gaya bahasanya akan sama atau serupa atau setidaknya ada karakter yang bisa menyatukan keduanya, sebab keduanya sama-sama terucap dari lisan Rasulullah. Tetapi, telah tampak begitu nyata bahwa antara Alquran dan Hadis itu berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN