Mohon tunggu...
Fath Isnesia
Fath Isnesia Mohon Tunggu... Anak yang berusaha lebi baik dari hari sebelumnya.

Platform untuk berbagi in formasi khususnya melalui literasi.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Penjelasan tentang Suzuki Katana secara Singkat

19 Maret 2020   14:35 Diperbarui: 19 Maret 2020   14:47 11 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo guys, kali ini saya akan cerita sedikit tentang mobil mungil terjangkau kategori jip dari jepang, pasti kenal dengan merk suzuki katana. Iya, memang mobil ini legend dan iconic di indonesia pada zamannya. Mobil ini sangat populer sekali ditahun 90-an.

Tapi siapa sangka mobil ini dulu dikenal dengan mobil banci dari Suzuki, mengingat Katana memiliki saudara serupa yaitu jimmy yang menggunakan penggerak 4WD. Kata "banci" sempat melekat pada seri Katana karena Suzuki Katana menggunakan penggerak 2WD, makanya dipanggil "banci". Karakter mobil ini tinggi dan tentunya dengan ban yang gedhe pula ya, cocok untuk medan di indonesia kala itu, terutama jawa yang padat penduduk dipastikan banyak mobil ini dibeli disana. 

Hanya bermodalkan mesin berkapasitas 4 silinder 1000cc mobil ini sudah bisa main di offroad jalanan Indonesia. Di Indonesia mulai beredar sejak tahun 1986 dan berhenti dipasarkan tahun 2006, sudah cukup menjadi hobi otomotif jika ingin memilikinya untuk koleksi. Di forum otomotif banyak orang bilang mesin katana tangguh dan bandel, tentunya dengan jaminan perawatan yang disiplin ya, sebab apapun mobilnya jika tidak dirawat dengan disiplin cepat atau lambat tetap rusak juga. 

Dengan design atap tinggi membuat headroom penumpang terasa lega dan kabin terasa luas. Akhirnya pada tahun 1993 Suzuki membuat Katana menjadi facelift maka lahirlah varian GX dan DX. Varian DX adalah varian termurah dengan fitur minimalis, seperti velg kaleng, stir belum power steering, dan bangku belakang masih berhadapan. 

Makanya dibagian pintu belakang ada seri Katana yang memiliki injakan kaki. Berbeda dengan varian GX yang memiliki velg aloy, stir sudah power steering, bangku belakang menghadap depan dan memiliki AC dari Denso. Suzuki katana DX akhir produksinya di tahun 1998 dan GX diperpanjang sampai 2006. So, jika kalian ingin membeli mobil Katana yang keluaran dari pabrik asli dan baru itu sudah susah sob, beli second menjadi alternatif jika kalian ingin memilikinya, knowledge mekanikal menjadi kunci anda bisa mendapatkan mobil ini dengan kondisi yang bagus.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x