Mohon tunggu...
Fathir Fajar Sidiq
Fathir Fajar Sidiq Mohon Tunggu... PhD student at Newcastle University, UK

semoga bermanfaat untuk sesama dan Indonesia. Twitter dan IG: @fathirfs, sharing dan diskusi lebih lanjut via email: fathirfajarsidiq@gmail.com, bit.ly/essenzodepok

Selanjutnya

Tutup

Muda

3 Tips Lulus Seleksi LPDP

3 Januari 2018   13:14 Diperbarui: 3 Januari 2018   13:35 1382 0 0 Mohon Tunggu...

Pengalaman saya Tes Beasiswa LPDP S3 Program Doktoral Luar Negeri 2017 Reguler:

1. Segera dilist persyaratan administrasi dari jauh-jauh hari biar gak mepet, jangan pake sistem SKS, gak mempan contoh untuk Keterangan Bebas TBC, it nggak cukup sehari, minimal 2 hari, kalau saya malah 3 hari baru slsi, dan harus bayar cukup lumayan, he..

Belum lg klu kita gk punya tes kompetensi bahasa yg dbutuhkan, mau toefl, ielts, toeic, atau sertifikat bahasa lain, itu gk sehari jadi, it takes time and percaya bakal stres, aplg klu hasilnya gk sesuai yg dharapkan, so prepare it, pilih satu tes yg kira2 bakal dpt score paling tinggi.

Apalagi nulis 2 essay lpdp yg lumayan akan menyita waktu, gk bisa semalem jd, biar hasilnya oke. Kontribusi dan sukses terbesar dalam hidup. Plus, research proposal kita tentunya.

2. Be yourself. Ini konteks assesment online (psikotes online), tes terbaru versi lpdp konon kabarnya. Nnt akan sy share makhluk apakah ini brdasarkan info email yg masuk ke saya sblm tes, biar gk kaget. Intinya hrus dlm kondisi rileks dan tunjukkan bahwa Anda adalah sosok pribadi mandiri, berintegritas, dan memiliki endurance atau days tahan yg mumpuni, krn untk S3 takes a long long time

Ini keterangan dari LPDP terkait online assesment yg dikirim via email pribadi peserta tes sebelum pelaksanaan:

Selamat! Anda lolos untuk mengikuti tahapan Assessment Online Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.Selanjutnya, Anda diundang untuk mengerjakan rangkaian assessment, diantaranya VMI dan 15FQ+.

VMI (Values and Motives Inventory)

adalah sebuah asesmen yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang akan dikeluarkan seseorang di tempat kerja. Asesmen ini terdiri dari 122 item dan biasanya diselesaikan dalam waktu  20 menit.

15FQ+ (Fifteen Factors Questionnaire Plus)

adalah sebuah kuesioner yang dirancang untuk melihat gambaran umum kepribadian seseorang. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam menjawab kuesioner ini. Kuesioner ini terdiri dari 200 pertanyaan. Tidak ada batasan waktu namun umumnya orang-orang menyelesaikannya dalam waktu  30 menit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x