Mohon tunggu...
Fathin Amim Mufidah
Fathin Amim Mufidah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Percayakan Kreatifmu pada Intuisimu

19 Oktober 2020   23:25 Diperbarui: 19 Oktober 2020   23:46 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


"apa semua orang yang mengandalkan intuisi bisa menjadi kreatif?"

Pertanyaan tersebut tiba-tiba muncul di benak saya ketika saya membaca suatu artikel mengenai kreativitas seseorang. Di mana, dalam tulisan tersebut menyatakan bahwa dengan berpikir analitis, akan membawa seseorang pada penempatan keputusan yang baik. Sedangkan, menurut saya, untuk dapat menemukan hasil yang baik, maka sangat diperlukan adanya kreativitas.

Lantas, apa ada hubungannya antara berpikir analitis, intuisi, dan kreativitas?

Nah, untuk menjawab kedua pertanyaan di atas, untungnya saya menemukan sebuah ungkapan dari bang Pinot, beliau mengatakan :

"Setiap orang memiliki kemampuan untuk berkreasi dalam arti yang lebih luas. Berpikir kreatif adalah salah satu cara dalam mencari solusi alternatif, mencoba untuk berani menjadi berbeda, mencoba hal yang baru, impulsif, spontanitas, dan mengasah intuisi lepas dari analisa dan data"

Jika ada yang bertanya, apa sih intuisi itu?

Menurut saya sendiri, intuisi ini adalah hal yang datang sendiri, dan tidak bisa dipaksakan adanya. Biasanya muncul ketika tanpa disadari oleh orang-orang yang mengalaminya.

Saya sendiri juga nampaknya sangat sering sekali mengalami hal ini. Semisal, ketika saya dihadapkan pada suatu pilihan yang sulit sekaligus, tiba -tiba muncullah dalam pikiran saya, yang seolah-olah ada seorang lain dalam otak saya yang berteriak dan meminta saya untuk memilih suatu hal tertentu. Ada juga beberapa orang yang menganggap bahwa intuisi adalah kata lain dari firasat.

Intuisi biasa diandalkan oleh orang-orang kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Bukan hanya orang yang kreatif dalam bidang seni, akan tetapi berlaku pula pada segala bidang yang mengandalkan kreativitas.

Pada dasarnya, orang-orang yang kreatif itu punya intuisi yang luar biasa untuk mengidentifikasi masalah atau mengubah tantangan menjadi sebuah solusi yang potensial.

Bukan ingin berbesar kepala, orang-orang bilang kalau saya ini kreatif. Pada awalnya saya tidak sadar, yang dimaksud dengan kreatif pada diri saya ini terletak di bagian mana. Kemudian, setelah beberapa saat saya baru menyadari hal tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun