Mohon tunggu...
Fathia Raharjeng
Fathia Raharjeng Mohon Tunggu... fathia zulfa

201980207

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenali Peran RBIA dalam Sebuah Perusahaan

12 Mei 2021   19:26 Diperbarui: 12 Mei 2021   19:37 24 1 0 Mohon Tunggu...

Rbia atau risk based internal auditing (audit internal) memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan yang bekerja sebagai penyediaan jasa pemeriksaan keuangan dan penilaian dalam pengendalian serta tata kelola perusahaan yang berfungsi sebagai tolak ukur dalam mengatur sebuah perusahaan/organisasi dalam mencapai tujuan utamanya. 

Dengan melakukan pendekatan untuk mengevaluasi dan memantau efektifitas sebuah proses manajemen, rbia menjadi peran penting dalam perusahaan. Sehingga pengaruh rbia dalam perusahaan akan sangat dibutuhkan, jika rbia tidak diterapkan dalam sebuah perusahaan/organisasi maka berjalannya sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan utama tidak maksimal. 

Saat ini audit internal telah berkembang menjadi lebih modern, terdapat peran konsultan intern sebagai penasihat atas system yang telah tersedia sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan sebagai pemecah masalah terhadap kasus kasus yang dialami perusahaan/organisasi agar dapat diselesaikan dengan baik dan tepat. Selain itu, saat ini ruang lingkup auditor sudah meluas hingga semua aspek yang berpengaruh terhadap kinerja dan pengendalian menejemen perusahaan hingga aspek resiko bisnis. 

Dalam penerapannya rbia terbagi menjadi 5 aturan yang berupa kerangka manajemen resiko secara keseluruhan yang biasa kita ketahui sebagai erm atau enterprise wide risk yang isinya  meliputi : 

1. memberikan jaminan bahwa proses yang digunakan sudah memenuhi standard dan sudah diidentifikasi sehingga proses akan berjalan lancar. 

2. memberikan jaminan bahwa menejemen sudah memberikan prioritasnya dan sudah mengukur risikonya. 

3. mengevaluasi proses manajemen resiko 

4. mengevaluasi pelaporan atas kunci utama resiko oleh direktur. 

5. meriview kembali manajemen atas risiko kunci.

Faktor yang berpengaruh pada perkembangan internal audit yaitu   

1. Ukuran dari bisnis menjadi semakin kompleks dan menyebar secara meluas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x