Wanita

Ramuan Cantik Indonesia

12 November 2017   09:59 Diperbarui: 12 November 2017   22:26 385 0 0

Kalau diantara kalian sering mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan import, mungkin sekarang saatnya berpikir dua kali deh! karena ada beberapa ramuan tradisional asli dari negeri kita Indonesia juga tidak kalah mujarabnya, lhoo....

Ramuan-ramuan inilah yang menjadi senjata rahasia tampil cantik perempuan Indonesia zaman dulu :

1.  Pupur dingin

Pupur dingin merupakan bahasa Banjar, Kalimantan Selatan yang artinya bedak dingin. Pupur dingin sudah teruji bisa membuat wajah tetap segar dan lembab. Katanya, pupur dingin mengandung vitamin B dan tiaminyang bagus buat kesehatan wajah kita. Bedak ini dibuat dari beras yang direndam selama dua hari, keringkan, lalu dicampur dengan rempah-rempah lain dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti biji buah kelengkeng. 

Cara pemakaiannya :  hancurkan butiran pupur dingin ditangan menggunakan sedikit air, lalu tinggal diusapkan kewajah. Maka wajah akan langsung terasa dingin dan kita siap menghadapi matahari.

Pupur dingin ini banyak manfaatnya loh ladies contohnya menghaluskan wajah, mengecilkan pori-pori, menghilangkan garis halus di wajah, menyegarkan kulit dan mencerahkan wajah secara alami. 

2. Jamu

Jamu sebenarnya terkenal sebagai obat-obatan tradisional yang dibuat dari bahan-bahan  alami seperti beras, kencur, temulawak atau tanaman lainnya. Tapi, ternyata jamu juga ampuh membuat wajah kita terlihat cantik dan terawat. Misalnya saja jamu kunci suruh yang terbuat dari rimpang kunci dan daun sirih bisa menghilangkan bau badan ataupun jamu pahitan yang terbuat dari sambiloto yang dapat menghilangakn jerawat.

3. Tawas

Tawas merupakan batu yang dikenal dengan nama alumini pasti sudah tidak asing lagi buat kita. Selain karena jadi ramuan rahasia nenek moyang kita sejak dulu, berbagai merk deodoran ternama pun sudah memakai zat ini didalam campurannya. Tawas memiliki sifat anti bakteri yang  dapat mencegah bau kurang enak di ketiak. Tawas juga tidak membuat ketiak panas ketika digunakan.

Cara pemakaiannya : Hanya menyiapkan tawas sudah ditumbuk yang bisa kita beli di pasar tradisional lalu tumbukan tawas tersebut dilarutkan dalam air dan oleskan pada ketiak.

4. Lulur

Lulur adalah ramuan yang dibuat dari bahan alami dan rempah-rempah seperti daun sirih, kunir putih, temulawak, akar wangi, temugiring, dan butiran padi atau buah-buahan. Biasanya lulur digunakan di seluruh tubuh dan di diamkan untuk beberapa menit. Lulur sangat berguna bagi kulit kita agar tetap sehat dan alus.


Semoga tips ini bermanfaat ya ladies......