Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Kompasianer Teraktif 2020-2021 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL 😡"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Inspirasiana, Ladang Berbagi Tulisan dan Berbagi untuk Sesama

26 November 2021   14:45 Diperbarui: 26 November 2021   16:38 283 63 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hari ini saya meluangkan waktu membaca lembar demi lembar buku menulis bersama Komunitas Inspirasiana, dengan judul Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Buku ini merupakan buku bunga rampai pertama Komunitas Inspirasiana yang berisi rangkuman tulisan keluarga (anggota) Inspirasiana bertema budaya nusantara. 

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, beginilah cara Inspirasiana merawat kebinekaan Indonesia. Karena keluarga Inspirasiana dari berbagai daerah di Indonesia, dengan keberagaman suku, agama dan budaya tentunya.

Semangat Inspirasiana begitu besar dalam mendokumentasikan keberagaman Nusantara berwujud tulisan, walaupun tidak semua dapat ditampung dalam sebuah buku, semoga akan ada buku berikutnya. 

Dalam buku ini kita menemukan keunikan budaya Nusantara, seperti ritual Rore Rusa dan Tiwu untuk menjaga kelestarian hutan bakau di Maukaro (NTT), ritual Benso Rasi dan Randang di Manggarai Barat, tentang suku Dayak, suku Baduy, beberapa tradisi, filosofi dan banyak lagi.

Saya menyumbang tiga tulisan di buku ini yakni Tale Naik Haji Peninggalan Kebudayaan Islam di Kerinci, Proses Menuju Pernikahan Dalam Adat Kerinci dan Masjid Tua Nan Keramat Masjid Keramat Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci. Buku ini sangat menarik, karena jarang ada rangkuman tulisan tentang budaya Nusantara, ini patut diapresiasi.

Jika Kompasianival 2021 dengan slogan 'Optimis Melangkah", maka komunitas Inspirasiana dengan cita-cita luhur "Peduli Literasi dan Edukasi". Komunitas Inspirasiana, menjadi ladang berbagi tulisan dan juga berbagi untuk sesama. 

Wujud nyata akan kepedulian Inspirasiana akan literasi dan edukasi adalah telah berdiri Taman Baca Inspirasiana di Soa, Ngada, NTT. Dengan bantuan sahabat Inspirasiana Roman Rendusara sebagai penghubung Taman Baca Inspirasiana di Soa. 

Sumber: kompasiana.com/@inspirasiana
Sumber: kompasiana.com/@inspirasiana

Komunitas Inspirasiana juga menyalurkan sumbangan buku untuk Taman Pustaka Hope di desa Ringinsari dengan sahabat Inspirasiana Nita Kris Noer sebagai penghubung. Komunitas Inspirasiana juga peduli sosial dengan memberi bantuan jika ada daerah yang terkena bencana. 

Seperti baru-baru ini terjadi banjir bandang di kota Batu, Malang. Melalui sahabat Inspirasiana Firda Fatimah, Inspirasiana menyalurkan bantuannya. Bisa baca disini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan