Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana - Kompasianer Teraktif 2020 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL ūüė°"

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Semurup, Soto Terenak di Kerinci

15 September 2021   15:30 Diperbarui: 15 September 2021   15:39 533 55 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soto Semurup, Soto Terenak di Kerinci
Sumber foto https://www.picuki.com/tag/visitkerincijambi

Jalan-jalan ke kota Solo
Banyak orang menjual batik
Sungguh sedap hidangan soto
Menggugah selera tampilannya menarik

Soto merupakan kuliner khas Indonesia, masakan berkuah ini di setiap daerah mempunyai nama dan racikan  yang berbeda. Ada yang berkuah bening dan juga ada yang berkuah santan. Nama- nama soto kadang sesuai nama daerah seperti soto Betawi, soto Medan dan lain-lain. 

Penamaan soto juga ada berdasarkan bahan soto, misalnya soto babat, soto ayam, dan lain sebagainya. Saya pernah ke kota Jogja dan menikmati soto pak Min, kuahnya segar bening, enak, murah dan ngangenin.

Untuk di daerah Kerinci, jika anda bertanya, soto apa yang terenak di Kerinci, jawaban serentak pasti akan didapat. Soto Semurup, iya soto Semurup yang paling enak di Kerinci. 

Walaupun warung makan atau restoran bertebaran di Kerinci, namun cita rasa soto Semurup berbeda. Enak, kuahnya segar dan gurih, menggugah selera dan selalu bikin rindu bagi orang Kerinci di perantauan.

Dinamakan soto Semurup karena warung soto ini berasal atau berlokasi di Pasar Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kerinci.  Warung soto Semurup ini sudah ada sejak tahun 1985 dengan ibu Zubaidah sebagai penjualnya. Selain soto, juga terdapat menu sop yang tak kalah enaknya dengan soto.

Kuah soto Semurup beraroma bumbu rempah ini diracik oleh ibu Zubaidah dengan bahan-bahan dalam soto yakni  mie putih/soun, daun seledri, bawang goreng, perkedel kentang, daging yang empuk nan renyah. Daging ini di iris-iris, teksturnya seperti daging dendeng kering namun empuk.  

Sumber https://dananwahyu.com/
Sumber https://dananwahyu.com/

Cara penyajian soto Semurup ini, dalam mangkok dimasukkan soun, perkedel, irisan daging, disiram dengan kuah soto dan diberi toping bawang goreng serta daun bawang. Bisa dinikmati dengan nasi atau tanpa nasi, bisa menambahkan kecap dan cabe sesuai selera. 

Satu hal di warung soto Semurup ini tidak tersedia saus tomat botolan, konon jika ditambahkan saus tomat cita rasa soto berbeda. Jadi hanya tersedia tambahan kecap dan cabe. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x