Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana - Kompasianer Teraktif 2020 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL 😡"

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Hiking, Olahraga dan Wisata untuk Berat Badan Ideal

10 September 2021   09:31 Diperbarui: 11 September 2021   08:00 869 91 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hiking, Olahraga dan Wisata untuk Berat Badan Ideal
Hiking ke Goa Tiangko/Foto dokpri

"Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat."

Saya kurang menyukai olahraga yang umum untuk perempuan seperti, fitness, badminton, berbagai jenis senam seperti aerobik, zumba dan lain-lain. Walaupun pernah mengikuti senam aerobik dulu, hanya buat menemani kakak perempuan. 

Saya malah lebih menyukai hiking, hiking termasuk olahraga lho. Hiking bukan saja artinya mendaki gunung tapi hiking secara luas adalah kegiatan outdoor berjalan kaki di alam. Dengan hiking berolahraga sambil berwisata. 

Saya selalu punya daftar tempat wisata alam sekaligus untuk hiking, tapi itu sebelum pandemi menyerang negeri. Di daerah saya sangat banyak tempat wisata alam, seperti air terjun, danau, goa, dan gunung. 

Untuk mencapai destinasi ini mesti berjalan kaki dari pos atau desa terdekat. Jadi jangan berharap berfoto selfie di air terjun yang berada di pinggir jalan tol ya. 

Walaupun ada juga tempat wisata yang aksesnya sudah bisa langsung mobil terparkir, namun saya kurang menyukai tempat-tempat wisata yang menumpuk pengunjungnya. Kurang menantang.

Hiking ke Air Terjun Pendung Semurup/Foto dokpri
Hiking ke Air Terjun Pendung Semurup/Foto dokpri

Sebelum pandemi, saya rutin tiap minggu hiking di sejumlah wisata alam di daerah saya. Saya mendapat manfaat dari olahraga hiking ini. 

Udara yang segar nan bersih yang belum terkontaminasi, pemandangan hijau yang menyejukkan mata, pikiran dan hati, suasana hati atau mood juga naik level. Ini dari segi batin ya. 

Kalau dari segi fisik, hiking tentu saja bagus untuk kepadatan tulang karena jalan kaki dengan jarak yang jauh, bagus juga untuk otot dan kaki yang jadi penopang tubuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan