Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana - Kompasianer Teraktif 2020 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL 😡"

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Cengkeh Sang Primadona Rempah

7 Agustus 2021   22:36 Diperbarui: 7 Agustus 2021   22:38 517 49 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cengkeh Sang Primadona Rempah
Foto Fatmi Sunarya

Seperti tahun lalu, cengkeh kembali berbuah di bulan Agustus. Tahun lalu saya juga menulis Kala Musim Cengkeh Tiba di bulan Agustus saat panen cengkeh, tahun ini dari tiga batang cengkeh baru satu yang mulai berbuah. 

Walaupun begitu saya tetap menyambut dengan riang, terpesona pada warna buah cengkeh yang merah kehitaman. Iya, buah cengkeh akan berubah dari hijau menjadi merah kehitaman, yang menandakan sudah tua.

Di masa pandemi ini, berkebun memang kegiatan yang menyenangkan. Disamping mendapat vitamin D alami dan gratis dari cahaya matahari, sama halnya berolahraga. Menyehatkan, kata orang dusun "mencari peluh".

Dari hasil memetik cengkeh hari ini, ada sekarung kecil buah cengkeh. Buah cengkeh ini juga mesti dipisahkan dari tangkai, daunnya. Kemudian dijemur, buah cengkeh kering lebih mahal dari buah cengkeh basah. Selain buah cengkeh, tangkai cengkeh juga bisa dijual termasuk daunnya, walaupun harganya tidak terlalu mahal.


Buah cengkeh, masyarakat umum menyebutnya seperti itu. Buah cengkeh sebenarnya adalah bunga cengkeh yang dimanfaatkan untuk industri rokok dan juga industri makanan. Kalau daun dan tangkainya biasanya dijadikan minyak cengkeh untuk industri farmasi, kosmetik dan lain sebagainya.

Foto Fatmi Sunarya
Foto Fatmi Sunarya

Tangkai cengkeh/Foto Fatmi Sunarya
Tangkai cengkeh/Foto Fatmi Sunarya

Daun cengkeh/Foto Fatmi Sunarya
Daun cengkeh/Foto Fatmi Sunarya

Harga cengkeh saat ini lumayan bagus, bulan lalu saya malah menjual sisa cengkeh kering tahun lalu dan dihargai Rp. 108.000/kg. Kalau untuk tangkai biasanya lebih murah, Rp. 20.000/kg dan daunnya lebih murah lagi Rp. 3.000/kg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan