Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana - Kompasianer Teraktif 2020 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL 😡"

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hups! Akhirnya Artikel Lenyap di Beranda Tetangga

4 Agustus 2021   19:55 Diperbarui: 4 Agustus 2021   20:07 363 71 36 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hups! Akhirnya Artikel Lenyap di Beranda Tetangga
Ilustrasi https://www.piqsels.com/

Dear Diary,

Beberapa hari ini saya memang meliburkan diri menulis, karena kecewa berat (sangat) akan artikel-artikel saya yang tayang di Kompasiana berpindah ke beranda tetangga. Beranda tetangga dengan sigap, hup! menangkap artikel-artikel yang fresh from oven. Masih panas-panas sudah dimakan saja. 

Beberapa sahabat Kompasianer juga mengeluhkan hal serupa. Saya sudah mengirim pesan lewat Whatsapp dan email kepada Kompasiana, namun tidak ada tanggapan. Seperti terdahulu juga, saya harus usaha sendiri untuk hal ini.

Pada bulan Mei 2021, puisi saya "Doa untuk Palestina" disalin ulang oleh blog SG dan sudah saya adukan ke Aduan Konten Kominfo dan akhirnya dihapus dari Blog SG tersebut. Saya pikir tidak akan terulang lagi. 

Tiba-tiba saya browsing, saya menemukan (lagi) 14 artikel di blog SG. Ya ampun, blog ini seperti blog kloning dari Kompasiana.  Artikel-artikel di Kompasiana disalin ulang ke blog SG. Walaupun mencantumkan nama penulis, tapi tidak mencantumkan sumber artikel. Ini namanya perampasan, penulis sangat dirugikan. 

Artikel-artikel milik saya diantaranya bisa dilihat di gambar berikut.

Sreenshoot blog SG/dokpri
Sreenshoot blog SG/dokpri

Saya menunggu tanggapan dari Kompasiana, namun tak kunjung ada maka saya mulai membuat pengaduan kepada Kominfo tanggal 3 Agustus 2021, ini linknya 

Sahabat kompasianer bisa daftar menggunakan email dan log in membuat pengaduan.  Didalam aduan kita mencantumkan link artikel kita yang disalin (palsu) dan juga link artikel kita di Kompasiana (asli), kemudian isi alasan aduan kita beserta screenshoot artikel yang disalin tersebut. 

Karena jumlah artikel saya ada 14 artikel yang disalin, saya membagi jadi 3 aduan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x