Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Menulis Menghidupkan Jiwa Yang Mati---- Ingin tetap membumi 🤗

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Tempoyak, Memberi Cita Rasa yang Berbeda pada Masakan Khas Jambi

24 Januari 2021   10:09 Diperbarui: 24 Januari 2021   10:36 685 96 31 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tempoyak, Memberi Cita Rasa yang Berbeda pada Masakan Khas Jambi
Ilustrasi detik.com

Dari beberapa minggu lalu, teman saya mengajak makan durian. Memang beberapa durian sudah parkir di pasar. Setiap lewat, teman-teman saya pasti menjerit seperti melihat sang idola. Tidak, saya menolak karena badan saya lagi tidak fit. 

Pada usia muda belia penuh pesona, saya termasuk durian mania. Dimana musim durian ada, saya dan teman-teman pasti mengejarnya. Kami akan pulang dengan sekarung durian. Tapi itu dulu, sejak saya terkena gangguan pencernaan, makan durian saya rem. Takut asam lambung naik.

Foto Fatmi Sunarya
Foto Fatmi Sunarya

Memang, jika musim durian tiba, pasar seperti penuh duri dan bau durian dimana-mana. Harga durian jika belum musimnya tergolong mahal, bisa Rp. 35.000/buah dengan ukuran sedang. 

Tapi jika musim durian tiba, ukuran paling kecil durian hanya seharga Rp. 5.000,- saja. Harga durian paling besar paling Rp. 20.000,- dengan isi yang super banyak. Saking banjirnya durian, penjual juga menyediakan ketan untuk teman makan durian. Dan beberapa pedagang juga menjual tempoyak.

Apa itu tempoyak? Di daerah Jambi dan sekitarnya biasanya memproduksi tempoyak. Tempoyak adalah daging durian yang difermentasikan. Cara membuat tempoyak sangat mudah. Durian harus yang sudah matang sempurna. Ambil daging durian beri sedikit garam lalu masukan ke dalam toples dan ditutup rapat. Simpan toples dalam suhu ruangan, maka durian akan difermentasi dalam waktu 3-5 hari.

Tempoyak merupakan makanan khas Rumpun Melayu, baik yang berada di Sumatera maupun di Kalimantan. Jambi yang merupakan Rumpun Melayu terkenal dengan masakan khas tempoyaknya. Tempoyak bukan sekedar dijadikan sambal cocol tapi menjadi bumbu masakan. Rasa tempoyak yang asam, manis dan gurih acap ditambahkan dalam hidangan khas Jambi.

Ilustrasi travelingyuk.com
Ilustrasi travelingyuk.com

Salah satu masakan terkenal adalah Tempoyak Ikan Patin. Cara membuatnya gampang banget. Tinggal sediakan Ikan Patin, bumbu halus seperti cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit serta serai, daun kunyit dan tentu saja tempoyak. Tempoyak Ikan Patin ini tidak memakai santan, cukup air saja. Bisa kita simak cara memasak Tempoyak Ikan patin berikut ini.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x